Aksi Bela Palestina Harus Fokus pada Isu Kemanusiaan

Selasa, 18 Juni 2024 - 17:31 WIB
loading...
A A A
Ia berharap, upaya-upaya rakyat Indonesia dalam memberikan dukungan sesuai dengan koridor yang berlaku tentu akan sejalan dengan komitmen Pemerintah Indonesia terhadap Palestina. Kemerdekaan Palestina adalah bagian dari amanat UUD 1945, dan ini sudah dimulai ketika Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955.

"Konferensi Asia-Afrika yang tahun depan akan kembali digelar dalam rangka peringatan 70 tahun Konferensi Asia-Afrika yang pertama di 1955. Indonesia memperjuangkan kemerdekaan Palestina melalui berbagai jalur, melalui jalur PBB, OKI (Organisasi Konferensi Islam), hingga Mahkamah Internasional," katanya.

Gus Najih kembali menekankan agar perjuangan membela rakyat Palestina dapat dilakukan dengan cara yang terhormat, legal, dan rasional. Jangan sampai menimbulkan destabilisasi sosial, baik di tempat umum atau bahkan di tingkat nasional dengan secara sistematis menyebarkan narasi yang menyesatkan publik.

"Perjuangan Indonesia terhadap Palestina jangan dinodai dengan slogan-slogan yang justru akan merusak esensi dari cita-cita kemerdekaan Palestina itu sendiri. Misalnya menumpangi isu pentingnya kemerdekaan Palestina ini dengan tambahan ideologi khilafah. Harus diakui bahwa ide khilafah sebagai sistem pemerintahan itu ditolak di seluruh dunia, sehingga ketika isu khilafah digulirkan, justru akan merusak agenda besar kemerdekaan Palestina," katanya.
(abd)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1462 seconds (0.1#10.140)
pixels