Menkumham Harap Penanganan Kasus Vina oleh Polisi Tak seperti Sengkon dan Karta

Rabu, 12 Juni 2024 - 20:17 WIB
loading...
Menkumham Harap Penanganan Kasus Vina oleh Polisi Tak seperti Sengkon dan Karta
Menkumham Yasonna H Laoly meminta kasus dugaan pemerkosaan dan pembunuhan Vina Dewi Arsita dan Rizky Rudiana atau Eky pada 2016 diusut tutnas oleh polisi. Foto/SINDOnews/achmad al fiqri
A A A
JAKARTA - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly menyoroti kasus dugaan pemerkosaan dan pembunuhan Vina Dewi Arsita dan Rizky Rudiana atau Eky pada 2016. Yasonna pun menyerahkan sepenuhnya penanganan kasus tersebut kepada pihak kepolisian.

"Ya kita serahkan kepada polisi supaya membongkar tuntas itu, supaya jangan ada kecurigaan dari masyarakat. Apalagi ada indikasi lagi orang yang ditangkap bukan orang yang melakukan, ada kesalahan SOP dalam pemeriksaan," kata Yasonna saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (12/6/2024).

Tak hanya kasus Vina, Yasonna berharap, penanganan perkara pidana yang serupa juga bisa ditangani dengan baik oleh kepolisian. Yasonna berharap, penanganan kasus oleh polisi tak seperti dalam perkara Sengkon dan Karta.



Sengkon dan Karta merupakan dua petani yang divonis bersalah atas tindak pidana perampokan dan pembunuhan terhadap pasangan Sulaiman dan Siti Haya pada November 1974. Sengkon divonis 12 tahun dan Karta 7 tahun. Namun setelah 3 tahun putusan itu, pelaku pembunuhan Sulaiman dan Siti Haya mengakui perbuatannya.

"Jadi itu hal-hal di negara lain juga pernah kejadian, yang dihukum mau dihukum mati ada kasus kan di Amerika, akhirnya dibebaskan bukan dia pembunuhnya. Its hapens," ucap Yasonna.



"Dan dalam keadaan seperti ini polisi harus betul-betul bekerja keras, cepat mengungkap kasus ini supaya jangan liar nanti hipotesis yang terjadi di masyarakat kecurigaan-kecurigaan," katanya.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)
pixels