Mahfud MD Sebut Penanganan Kasus Vina Cirebon Unprofessional, Ada Permainan

Selasa, 11 Juni 2024 - 23:45 WIB
loading...
Mahfud MD Sebut Penanganan Kasus Vina Cirebon Unprofessional, Ada Permainan
Mantan Menko Polhukam Mahfud MD berbicara mengenai kasus Vina Cirebon di kanal YouTube pribadinya. FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menilai penanganan kasus pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon pada 2016 unprofessional. Bahkan pakar hukum tata negara itu menuding ada permainan.

Hal ini disampaikan Mahfud MD di kanal YouTube pribadinya dikutip, Selasa (11/6/2024) malam. Awalnya, Mahfud menyoroti hukum di Indonesia yang kerap dipermainkan.

"Itu lagi, betapa hukum kita itu sering bisa dimain-mainkan ya. Saya tidak ingin katakan bahwa selalu dimain-mainkan, tapi sangat sering dimain-mainkan kalau sudah menyangkut, apa pejabat atau mungkin menyangkut duit," kata Mahfud.



"Kalau saya katakan hukum kita selalu dimain-mainkan ya salah karena hukum. Kasus hukum di Indonesia itu ada puluhan ribu ya kan, ini ada kasus 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 10 dan sebagainya itu artinya ini bagian dari penyimpangan," katanya.

Mahfud membeberkan konstruksi kasus pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon yang terjadi beberapa tahun lalu. Kasus ini viral viral setelah difilmkan. "Saya tidak tahu persis kasus Vina itu, tetapi konstruksi kasusnya kayak begini, dulu ada tersangka 10 atau 11 orang kan, untuk pembunuhan Vina itu, lalu diajukan ke Pengadilan, itu berita acaranya kan ada 10 atau 11 orang, 11 orang diajukan ke pengadilan, yang 3 lari, yang 8 sudah dihukum," katanya.

"Nah sesudah muncul (film) Vina: Sebelum 7 Hari itu, lalu kasus ini muncul lagi. Dulu lari itu ke mana orang gitu? Itu kan resmi diumumkan buron 3 orang, namanya a, b, c, d. Nah ini baru muncul kasus ini," kata Mahfud.

Dari konstruksi kasus tersebut, Mahfud menilai ada ketidakprofesionalan dalam penanganan kasus ini. Bahkan, dia mengatakan ada permainan di dalamnya.



"Sehingga saya berpikir ini bukan sekedar unprofessional tetapi menurut saya memang ada permainan. Unprofessional mungkin kurang cakap, kurang hati-hati itu tidak profesional. Tapi kalau ada permainan untuk melindungi seseorang atau mendapat bayaran dari seseorang untuk mengaburkan kasus itu sudah sebenarnya sebuah permainan yang jahat," katanya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2061 seconds (0.1#10.140)
pixels