Tjahjo Wanti-wanti Tim Pemantau Kemendagri Tak Intervensi Pemilu 2019

Kamis, 11 April 2019 - 16:20 WIB
Tjahjo Wanti-wanti Tim Pemantau Kemendagri Tak Intervensi Pemilu 2019
Tjahjo Wanti-wanti Tim Pemantau Kemendagri Tak Intervensi Pemilu 2019
A A A
JAKARTA - Tim Pemantauan, Pelaporan, dan Evaluasi Pemilu Serentak 2019 dilarang intervensi penyelenggara Pemilu. Tim pemantau bertugas me-monitoring dan deteksi dini terhadap ancaman atau suatu hal yang dapat mengganggu dan mengancam jalannya Pemilu Serentak 2019.

“Tim tidak ikut campur pada tugas penyelenggara Pemilu, tugasnya hanya monitoring, mendeteksi, koordinasi dengan Pemda, TNI/Polri dan BIN untuk deteksi dini. Kami optimistis Pemilu berjalan lancar dengan didukung partisipasi pemilih 77,5%,” kata Mendagri Tjahjo Kumolo memberikan pembekalan pada Tim Pemantauan, Pelaporan, dan Evaluasi Pemilu Serentak 2019 Kemendagri, Jakarta, Kamis (11/04/2019).

Dalam kesempatan yang sama, Tjahjo juga menekankan pentingnya tim pemantau. Di sisi lain ia yakin aparat keamanan telah mendeteksi dan mempersiapkan hal tersebut.

“Apalagi di daerah rawan konflik seperti Papua karena letak geografisnya. Tetapi kami yakin penyelenggara Pemilu KPU, DKPP untuk mengawasi internal dan Bawaslu untuk pengawasan ekternal, juga telah mempersiapkan hal ini. Namun tim monitoring pemantauan tetap sangat penting untuk kesuksesan Pemilu ini,” ujarnya.

Tjahjo juga berpesan agar tim monitoring melaksanakan tugasnya dengan bertanggung jawab dan sesuai amanat UU untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Laksanakan tugas, jangan melampaui wewenang, hanya pada tataran monitoring. Segera koordinasikan jika ada hal-hal yang tidak diinginkan atau temuan yang dapat mengganggu proses konsolidasi demokrasi,” pesan Tjahjo.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7484 seconds (0.1#10.140)