Paradoks Bali dan Seniman Agus Saputra

Minggu, 09 Juni 2024 - 19:00 WIB
loading...
A A A
“Saya menyukai sejak awal membuat pengaburan, bahwa sejarah selalu akan “goyah”. Demikian juga juga seperti ritual tertentu hari ini berubah menjadi objek wisata, seni lukis dalam masa lalu saya plesetkan jadi beban “penjajahan kultural” kolonial,” ujar Agus.

Yang disebut Agus adalah sebuah strategi aproriasi, yakni menirukan ikon seni sang seniman yang melegenda di masa lalu dengan tujuan tertentu, yakni mendialogkan ulang atau memperolok kondisi saat ini.

Bali yang berubah, Bali yang bertransformasi secara drastis memiriskan hati disikapi dengan simbol-simbol visual lebih kaya. Tentunya Agus dengan cermat memaknai sejarah secara jeli dengan juga termasuk memilih memanggungkan ikon jago/ayam jantan di kanvas-kanvas lukisannya.

“Saya terinspirasi oleh Sabung Ayam atau Tajen di Bali (Yadnya), yang dulunya adalah sebuah ritual sakral Tabuh Rah, meneguhkan sikap keyakinan Tri Hita Karana tentang keberanian beritikad kesucian untuk semesta, namun seperti kita lihat dimana-mana sabung ayam dipentaskan sepertinya sebuah gelaran wisata saja bahkan untuk judi?,” dalih Agus.

Sabung ayam atau Tajen, bagi Agus, dengan gaya bertutur komikalnya memberi parodi bahwa ada dua hal yang terselubung dalam pesan-pesan seni lukisnya yakni, ia separuh berseloroh dengan kegelisahan personalnya tentang kaburnya jejak-jejak tradisi sakral dan saat sama upaya menampilkan “perlawanan”, atau lebih tepatnya pertarungan tunggal simbolik sebagai seniman lokal melawan kebijakan turisme Pemda setempat yang berlebihan.

”Sebagai millenial, dan pecandu games online, saya terpikat menggunakan idiom permainan judi di Las Vegas dengan pemenangnya disebut Winner Winner Chicken Dinner. Sekaligus pengalaman personal permainan games tanpa uang atau judi, yang akhirnya yang memberi juluk pameran tunggal saya itu,” jelas Agus.

Sosok Sumo dan Gemoy

Selain ayam jantan berotot sebagai jagoan di ring Tinju dan pertarungan satu lawan satu, lukisan-lukisan Agus dipenuhi juga sosok Sumo, bintang olah raga tradisi Jepang.

Paradoks Bali dan Seniman Agus Saputra


“Saya sering berdialog dengan kurator Khrisnaya Santoso, sejak sebelum Covid-19 melanda, yang kebetulan ia sempat tinggal di Jepang. Santoso membuka wawasan saya bahwa kolonialisasi budaya tak datang hanya dari Belanda dan dominan Amerika Serikat di jaman Orba atau Orde lama, tapi sejak pra kemerdekaan, yakni bangsa Jepang secara global menyumbang juga konstruksi budaya kita,” ujar Agus.

Bagi Agus, sejarah teramat penting untuk menelusuri identitas sebuah bangsa, tak terkecuali pengaruh kultur Jepang di Indonesia. Keimin Bunka Shidoso, Lembaga Kebudayaan buatan Jepang awal tahun 1940-an sejak dini mempengaruhi.

Yang tak heran beragam seniman, pelukis dan komposer dari Jepang, seperti Iida Nobuo, Kōno Takashi, Kurata Bunjin, Hinatsu Eitar sampai seniman Indonesia dengan Sudjojono, Emiria Sunassa, Basuki Abdullah, Barli Sasmitanata dll terjadi persentuhan-persentuhan eksresi seni lokal-global yang intens. Di kemudian hari, kita tak heran dengan sosok Sumo, desain baju Harajuku sampai toko buku besar memajang komik Manga yang menjadi intim di Indonesia.

“Saya yakin ada semacam penjajahan secara halus hari ini dengan simbol Gemoy, saat Pilpres usai dan kita menerima pemenangnya yang kelak menjadi Presiden NKRI. Bahwa generasi muda dikenalkan figur besar nan lucu, yang menari namun bisa jadi menakutkan dengan simbol Sumo di lukisan saya, sebab dalam kegembiraan sesaat ada kekhawatiran yang mengancam,”

Agus mengasosiasikan tokoh Sumo, tradisi perkelahian di Jepang yang menitikberatkan pada postur “raksasa” sekaligus wahana hiburan; tetapi sangat ironi tatkala kita semua tak bersandar pada membangun masa depan dengan keahlian dan kepakaran teknokrasi alih-alih hanya dibuai oleh hiburan sesaat.

Bagi seniman seperti Agus, yang dilatih dengan keras menjadi pekerja artisan—menjadi asisten seorang seniman yang sudah berpengalaman bertahun-tahun dan selain juga belajar di perguruan tinggi seni (ISI Denpasar)- ia menyebut bahwa ada kelemahan-kelemahan yang kemudian dimanfaatkan oleh rezim penguasa, yakni cara generasi milenial dan terutama zilenial menyikapi realitas.

“Tentu saja, selain selain kemampuannya sebagai native digital di wilayah teknologi komunikasi, mereka sebenarnya kurang mampu bertahan untuk survival dan menjadi petarung yang gigih, cenderung mencapai kesuksesan dengan cara instan serta mudah menyerah,” pungkas Agus.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1855 seconds (0.1#10.140)
pixels