Denny JA Pamerkan 188 Lukisan Artificial Intelligence Karyanya di Hotel

Rabu, 05 Juni 2024 - 20:57 WIB
loading...
Denny JA Pamerkan 188 Lukisan Artificial Intelligence Karyanya di Hotel
Denny JA memamerkan sebanyak 188 lukisan di Jakarta. Ada tiga hal yang membuat unik lukisan yang dibuat Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA tersebut. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Denny JA memamerkan sebanyak 188 lukisan di Jakarta. Ada tiga hal yang membuat unik lukisan yang dibuat Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA tersebut.

Pertama, banyak lukisannya merekam peristiwa Pilpres 2024, bencana pandemi Covid-19, dan derita anak-anak Palestina yang tanahnya dibom Israel.


Kedua, Denny JA menggunakan asisten bernama Artificial Intelligence dalam melukis. Sejak tahun 2022, Denny JA sudah mempublikasi karya lukisannya dalam sebuah buku. Lima aplikasi Artificial Intelligence ia kombinasikan.

Ketiga, pameran lukisan Denny JA tidak diselenggarakan di galeri, tidak di TIM (Taman Ismail Marzuki). Tidak juga pagelaran ini dibatasi waktu. Selamanya atau secara permanen, 188 lukisan Denny JA akan tetap dipajang di Mahakam 24 Residence, Jakarta.

Tiga tokoh kemudian merespons lukisan Denny JA. Pertama, kritikus lukisan senior Agus Dermawan T.

“Jika Monet dan pelukis dunia lain melukis dengan pensil, kuas dan pisau palet, Denny JA melukis dengan aplikasi Artificial Intelligence,” ujarnya dalam rilis yang diterima SINDOnews, Rabu (5/6/2024).

Kedua, komentar dari Wina Armada yang merupakan kritikus seni dan film. "Langkah Denny JA menggunakan Artificial Intelligence itu terobosan awal seni rupa Indonesia. Sejarah mencatat itu," ucapnya.

Selanjutnya, review dari Dwi Heryanto, Dirut Perum Produksi Film Nasional (PFN). “Denny JA adalah pelukis Indonesia yang pertama, yang menggunakan asisten Artificial Intelligence," ungkapnya.

Mengapa Mahakam 24 Residence, Jakarta menyediakan tempatnya untuk secara permanen untuk memamerkan 188 lukisan AI Denny JA? Manajer Hotel Firman Firdaus menjawab bahwa pihaknya ingin memulai tradisi baru.

“Kami ingin memulai tradisi baru. Hotel kami juga ingin sekaligus menjadi galeri permanen satu genre lukisan saja," jelasnya.

“Memang hotel kami tidak mewah karena ia bukan hotel bintang lima. Memang hotel kami juga tidak lengkap fasilitas gelar lukisan karena ia bukan museum atau galeri," sambungya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1571 seconds (0.1#10.140)
pixels