Wapres Ingatkan Capim dan Dewas KPK Independen: Jangan Ada Titipan!

Kamis, 27 Juni 2024 - 23:26 WIB
loading...
Wapres Ingatkan Capim dan Dewas KPK Independen: Jangan Ada Titipan!
Wapres KH Ma’ruf Amin mengingatkan calon Pimpinan dan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) harus independen usai meninjau Pabrik Pengolahan Limbah B3 di Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (27/6/2024). Foto: SINDOnews/Binti Mufarida
A A A
PASURUAN - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin mengingatkan calon Pimpinan dan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) harus independen. Tidak boleh ada titipan dari pihak-pihak tertentu.

Saat ini merupakan masa pendaftaran calon Pimpinan dan Dewas KPK periode 2024-2029. “Saya kira paling pertama rekam jejaknya harus bersih. Sebab, kalau rekam jejaknya sudah tidak bersih, saya kira sulit,” ujar Ma’ruf usai meninjau Pabrik Pengolahan Limbah B3 di Kawasan Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER), Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (27/6/2024).



Kriteria selanjutnya adalah integritas dan komitmen. “Yang keempatnya, independen. Dan, independen jangan titipan ya betul-betul independen,” ucapnya.

Menurut Wapres, jika 4 kriteria tersebut terpenuhi akan lahir Pimpinan dan Dewas KPK yang dapat diharapkan. “Jadi, rekam jejaknya bagus, komitmennya juga, integritasnya, dan juga independensinya,” tuturnya.

Pemilihan Pimpinan dan Dewas KPK harus dilakukan dengan sangat hati-hati, karena lembaga ini keberadaannya sangat penting dan selalu menjadi sorotan publik, bahkan dinilai oleh pihak internasional.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1513 seconds (0.1#10.140)
pixels