Wali Kota Gorontalo Tekankan Perlunya Sinergitas Pusat dan Daerah

Sabtu, 30 Maret 2019 - 00:43 WIB
Wali Kota Gorontalo Tekankan Perlunya Sinergitas Pusat dan Daerah
Wali Kota Gorontalo Tekankan Perlunya Sinergitas Pusat dan Daerah
A A A
JAKARTA - Wali Kota Gorontalo, Marten Taha mengungkapkan, dalam upaya membangun daerah, perlu adanya sinergi bukan hanya dari pemerintah daerah saja. Namun perlu adanya sinergitas yang dibangun antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

“Pak Menteri dan Ketua Dewan Juri, jadi membangun daerah bukan hanya daerah saja, apalagi karena saya dulu di legislatif, ternyata membangun daerah lebih mudah dari eksekutif. Bagaimana kita membangun daerah melalui sinergi antarpusat daerah ini yang dinamakan tata pemeritahan yang benar," kata Marten Taha dalam acara Silahturahmi Nusantara, yang diselenggarakan oleh KORAN SINDO dan SINDOnews di Hotel Borobudur, Jakarta pada 29 Maret 2019.

Marten Taha pemenang Best in Reviving Local Wisdom dalam Indonesia Visionary Leader season sebelumya, menuturkan, dalam membangun Gorontalo perlu menyelaraskan potensi yang ada. Untuk itu perlu pola kepemimpinan yang baik.

Selain itu, dalam memimpin Gorontalo, harus tetap mempertahankan nilai budaya lokal yang ada di sana."Kita tidak boleh lepas dari budaya, sehingga nilai lokal tetap menjadi potensi sebagai energi, sehingga kearifan lokal menjadi dasar. Sehingga, lima tahun 7,43% perekonomian naik, pengangguran pun juga semakin berkurang," tuturnya.

"Tapi dari sisi tata kelola pemerintahan juga menghasilkan dapat predikat dari BPK, Adipura tiga kali berturut-turut. Karena tujuannya membangun bangsa dari daerah untuk kesejahteraan daerah bersinergi dengan pusat," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4900 seconds (0.1#10.140)