Konsisten Dukung Penanganan COVID-19, KORAN SINDO dan Sindonews.com Raih Penghargaan dari BNPB

Rabu, 10 Maret 2021 - 19:48 WIB
loading...
Konsisten Dukung Penanganan COVID-19, KORAN SINDO dan Sindonews.com Raih Penghargaan dari BNPB
Kepala BNPB Doni Monardo. FOTO/DOK.BNPB
A A A
JAKARTA - KORAN SINDO dan Sindonews.com berhasil meraih penghargaan dari Badan Nasional Penanganan Bencana ( BNPB ) karena secara kontinyu aktif membantu dalam penanganan COVID-19. Piagam penghargaan kategori Media Pendukung Penanganan COVID-19 selama 2020 tersebut diserahkan oleh Kepala BNPB Doni Monardo pada Rapat Koordinasi Nasional Penanganan Bencana (Rakornas PB) di Graha BNPB Jakarta, Rabu (10/3/2021).

Acara penyerahan penghargaan kepada media selain digelar secara tatap muka juga dilaksanakan dengan virtual. Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan, peran media massa sangat signifikan dalam membantu penanganan COVID-19. Peran itu terutama dalam memberikan informasi yang komprehensif kepada masyarakat terkait virus korona dan upaya-upaya yang dilakukan pemerintah dalam menanganinya.

Menurutnya, pemberian penghargaan kepada media dan pihak lain bertujuan mewujudkan kolaborasi yang solid. "Kesatuan langkah dan perbuatan, kerja sama harmonis pemerintah pusat dan daerah, komunitas masyarakat, pakar dan akademisi, dunia usaha dan kalangan media," katanya.

Baca juga: Kemenkes: 3,5 Juta Orang di Tanah Air Telah Divaksinasi Covid-19

Doni Monardo berharap, kerja sama di antara pihak-pihak tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan bencana. Bangsa yang tangguh bencana, katanya, adalah bangsa yang dalam tubuhnya mengalir sel darah sadar bencana, bangsa yang hidup dengan menghirup napas tanggap bencana, bangsa yang di rongga otaknya tertanam kesadaran hidup di sebuah negara rawan bencana.

"Makna dari semua itu adalah budaya dan bagaimana kita mampu melakukan upaya mengubah perilaku masyarakat. Melalui kolaborasi ini kita semua berharap bangsa Indonesia menjadi bangsa yang tanggap terhadap bencana," ujarnya.

Pemimpin Redaksi KORAN SINDO dan Sindonews.com, Djaka Susila mengapresiasi BNPB yang telah memberikan penghargaan kepada SINDOnews. Djaka berharap, penghargaan ini akan kian memacu semangat tim SINDOnews untuk menyampaikan informasi yang benar-benar dibutuhkan oleh publik ke depan.

"Terima kasih kepada BNPB atas kerja samanya selama ini sehingga kami bisa menyajikan informasi yang berkualitas," ujarnya.

Baca juga: Gandeng BNPB, Sandiaga Uno Petakan Masalah dan Solusi Penanganan Covid-19 Demi Pulihkan Pariwisata

Djaka mengakui, COVID-19 adalah wabah yang membutuhkan penanganan bersama. Untuk itu, kolaborasi dengan menggandeng berbagai pihak terkait adalah sebuah keniscayaan. "Media harus memosisikan perannya secara tepat. Dengan informasi yang benar, maka ikhtiar penyelamatan jiwa dan bangsa ini saya yakin bisa terwujud," katanya.

Selain kepada media massa, pada Rakornas PB ini BNPB juga memberikan penghargaan kepada sejumlah pemerintah daerah, perguruan tinggi, tokoh masyarakat, lembaga usaha dan para relawan Covid-19 di Indonesia.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)