Komisi III DPR Setujui Dua Calon Hakim Konstitusi

Selasa, 12 Maret 2019 - 15:49 WIB
Komisi III DPR Setujui Dua Calon Hakim Konstitusi
Komisi III DPR Setujui Dua Calon Hakim Konstitusi
A A A
JAKARTA - Komisi III DPR telah melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon hakim Mahkamah Konstitusi (MK) pada Rabu 6 Februari-Kamis 7 Februari 2019. Hasilnya, Komisi bidang hukum itu menyetujui dua calon hakim konstitusi Aswanto dan Wahiduddin Adams.

"Kami sudah memutuskan yang terpilih sebagai hakim konstitusi 2019 hingga lima tahun mendatang adalah Prof. Doktor Aswanto dan Doktor Wahiduddin Adams, keduanya adalah petahana," ujar Wakil Ketua Komisi III DPR RI Trimedya Panjaitan dalam jumpa pers di Ruang Rapat Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengatakan, keputusan Komisi III DPR itu berdasarkan musyawarah mufakat oleh anggota dari 10 fraksi. Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPR Erma Ranik menambahkan proses pemilihan calon hakim konstitusi dimulai sejak Februari 2019 lalu dengan membentuk tim panel ahli.

"Kami memang ingin agar hakim MK satu punya integritas dan tingkat kecerdasan dan konsistensi berpikir yang bisa tercermin dalam putusan putusan MK yang sudah dikeluarkan," ujar politikus Partai Demokrat ini.

Maka itu kata dia, masukan Tim Panel Ahli kepada Komisi III DPR itu sangat signifikan dalam perubahan situasi dan pandangan fraksi-fraksi terhadap calon hakim konstitusi. Adapun tim ahli yang dilibatkan di antaranya adalah Maruarar Siahaan, Maria Farida Indrati, Harjono dan Eddy Hiariej.

Sekadar diketahui sebelumnya, Komisi III DPR pada Rabu 6 Februari melaksanakan fit and proper test terhadap Hesti Armiwulan Sochmawardiah, Aidu Fitriciada Azhari, Bahrul Ilmi Yakup, Galang Asmara, Wahidudin Adams, dan Refly Harun.

Kemudian, pada Kamis 7 Februari Komisi III DPR melaksanakan fit and proper test terhadap Aswanto, Ichsan Anwary, Askari Razak, Umbu Rauta, dan Sugianto.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4902 seconds (0.1#10.140)