Kapolri dan Jaksa Agung Akrab di Istana, Lemkapi: Komitmen Kuat Berantas Korupsi

Senin, 27 Mei 2024 - 18:53 WIB
loading...
Kapolri dan Jaksa Agung Akrab di Istana, Lemkapi: Komitmen Kuat Berantas Korupsi
Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan mengapresiasi keakraban Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dengan Jaksa Agung Sanitar Burhanuddin di Istana. Foto/Raka Dwi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian (Lemkapi) Edi Hasibuan mengapresiasi keakraban Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dengan Jaksa Agung Sanitar Burhanuddin di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (27/5/2024). Menurut Edi, keakraban tersebut menunjukkan kedua institusi itu berkomitmen pemberantasan korupsi.

"Keakraban Kapolri dengan Jaksa Agung di Istana Negara patut diapresiasi. Kekompakan ini menunjukkan kepada publik bahwa kedua tokoh pimpinan penegak hukum ini sama-sama memiliki komitmen yang kuat untuk memberantas kejahatan korupsi dalam pertambangan," kata Edi saat dihubungi, Senin (27/5/2024).

Pertemuan antara Kapolri dan Jaksa Agung itu berlangsung di tengah isu ketegangan antara Kejagung dengan Polri. Isu ketegangan itu muncul setelah adanya dugaan penguntitan personel Densus 88 terhadap Jaksa Agung Muda bidang Pidana Khusus (Jampidsus) Febrie Adriansyah di sebuah restoran Prancis di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Minggu (19/5/2024).



Namun Edi merasa, tidak ada pertikaian antara kedua institusi penegak hukum tersebut. Ia menilai, kekompakan antara Sigit dan Burhanuddin memberikan kesejukan.

"Kami melihat tidak ada persoalan antara Polri dan Kejaksaan. Kekompakan mereka membawa kesejukan dan keakraban mereka meyakinkan masyarakat bahwa Polri dan Kejaksaan sama-sama berkomitmen memberantas korupsi dalam bidang pertambangan," kata dosen pascasarjana Universitas Bhayangkara Jakarta ini.

Ia menilai, komitmen Polri dan Kejaksaan saling mendukung untuk memberantas korupsi dalam bidang pertambangan. Semua penegakan hukum yang dilakukan Kejaksaan, menurutnya, didukung penuh oleh kepolisian, termasuk memproses secara hukum jika ada oknum anggota Polri dan pensiunan jenderal polisi sekalipun yang terlibat dalam korupsi tambang.

"Kami yakin tidak ada yang ditutupi. Kalau ada yang terbukti pasti akan diproses secara hukum," kata pemerhati kepolisian ini.

Sebelumnya, Jaksa Agung dan Kapolri tampak kompak saat menghadiri peluncuran Government Technology (GovTech) INA Digital di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/5/2024).

Dalam pertemuan tersebut, Jaksa Agung tampak menyambut jabat tangan dari Kapolri. Keduanya lalu bersalaman sambil saling tersenyum. Setelah itu, keduanya duduk di satu barisan yang sama, yaitu deretan paling depan yang menghadap langsung ke Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6019 seconds (0.1#10.140)
pixels