Safari ke Aceh, PDIP Sebut Gule Cue Kuliner Kegemaran Bung Karno

Rabu, 06 Maret 2019 - 19:13 WIB
Safari ke Aceh, PDIP Sebut Gule Cue Kuliner Kegemaran Bung Karno
Safari ke Aceh, PDIP Sebut Gule Cue Kuliner Kegemaran Bung Karno
A A A
ACEH BESAR- - Safari Kebangsaan X PDIP menyempatkan singgah ke sebuah Kedai Makan Kaki Kulu, Cot Jeumpa, Aceh Besar, Rabu (6/3/2019). Di kedai tersebut menyajikan berbagai macam kuliner khas Aceh yang menarik minat rombongan yang dipimpin Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto.

Salah satu yang menjadi daya tarik Hasto dan rombongan adalah Gulai Cue. Makanan tersebut adalah kerang yang didapat dari perairan payau. Kemudian, Hasto juga sangat mengapresiasi kopi buatan kedai ini.

"Gulai cue itu juga ternyata bagian dari kegemaran Bung Karno. Untuk itu saya mengimbau seluruh masyarakat datang ke Aceh," ujar Hasto.

Selain Gulai Cue, Hasto menyebut menu lainnya juga pantas untuk dipromosikan ke masyarakat Indonesia. Menurutnya, menu yang tersaji membuktikan khas kekayaan Nusantara yang wajib untuk dinikmati.

"PDIP memberikan apresiasi yang luar biasa untuk semua capaian wisata kuliner kita di bawah Pak Jokowi ternyata bergelora dengan baik, semakin dikenal dengan baik. Mari datang ke Aceh, kita nikmati kuliner Nusantara dari Aceh yang khas," kata Hasto.

Salah satu koki kedai, Ibu Vidi mengatakan menu andalan di tempatnya adalah gulai cue dan ayam bude. Jika cue merupakan kerang, maka ayam bude adalah ayam kampung yang digoreng.

Vidi menambahkan, gulai cuenya menggunakan sejumlah rempah-rempah lokal yang bumbu utama bawang putih dan bawang merah. Dia mengatakan bahan bakunya sangat mudah didapat di sekitar keduanya.

"Bahan bakunya, kalau kami di Aceh gampang. Kalau mungkin di Jawa sana susah," kata Vidi.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8330 seconds (0.1#10.140)