Retno Marsudi Kenang Persahabatan dengan Menlu Iran

Rabu, 22 Mei 2024 - 21:06 WIB
loading...
Retno Marsudi Kenang Persahabatan dengan Menlu Iran
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi di kediaman resmi Duta Besar Iran untuk Indonesia Mohammad Boroujerdi di Jakarta, Rabu (22/5/2024). Foto/Widya Michella Nur Syahida
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengenang hubungan persahabatannya dengan Menlu Iran Hossein Amir-Abdollahian. Retno mengaku memiliki hubungan dekat dengan Menlu Iran yang dinyatakan tewas dalam kecelakaan helikopter di Azerbaijan Timur, Iran barat laut, Senin (20/5/2024).

“Hubungan saya dengan Menteri Luar Negeri Iran sangat dekat. Jadi kalau dilihat dalam satu tahun terakhir, saya melakukan pertemuan bilateral 6 kali dengan Menteri Hossein,” kata Retno di kediaman resmi Duta Besar Iran untuk Indonesia Mohammad Boroujerdi di Jakarta, Rabu (22/5/2024).

Enam kali pertemuan bilateral dilakukan pada Agustus di Johannesburg, Oktober di Jeddah, New York, Desember di Jenewa di sela-sela pertemuan global refugees forum kemudian di Jenewa. Lalu pada Februari 2024, Menlu Retno juga bertemu Menlu Iran di sela-sela high level meeting Dewan HAM dan di Gambia di sela-sela pertemuan KTT OKI.





"Saya masih ingat betul beliau selalu mengingatkan adanya standing invitation bagi saya untuk berkunjung ke Teheran, dan standing invitation itu belum sempat saya penuhi. Tapi beliau sudah pergi mendahului kita. Jadi kita doakan beliau-beliau yang pergi alfatihah buat beliau-beliau dan saya akan selalu kenang hubungan baik dengan Menteri Luar Negeri Hossein terutama," ucapnya.

Retno mengatakan hubungan dengan Hossein bukan hanya sebagai menteri luar negeri, melainkan juga berkomunikasi dengan baik sebagai manusia. "Jadi sekali lagi dukacita kami yang sangat mendalam untuk keluarga untuk pemerintah dan juga untuk seluruh rakyat Iran," pungkasnya.

Diketahui, Menlu Iran bersama Presiden Iran Ebrahim Raisi, dan beberapa pejabat Iran lainnya dinyatakan tewas dalam kecelakaan helikopter tersebut.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1808 seconds (0.1#10.140)
pixels