1.088 Warga Jateng Ikut Mudik Gratis dengan Kereta Api Fasilitas Pemprov Jateng

Minggu, 07 April 2024 - 17:16 WIB
loading...
A A A
"Saya sangat senang sekali dapat mudik ke kampung halaman. Sangat senang sekali. Saya sangat berterima kasih kepada Pemprov Jateng," ujarnya di dalam KA Jaka Tingkir.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana memasuki Stasiun Pasar Senen Jakarta, Minggu (7/4/2024) siang. Di Stasiun Pasar Senen, ratusan orang yang bersiap melakukan perjalanan mudik tampak membawa barang bawaan dengan keluarganya.

Wajah mereka terlihat ceria, karena mereka bersiap mudik menggunakan KA secara gratis yang merupakan fasilitas dari Pemprov Jateng. Nana melepas keberangkatan mereka di Stasiun Pasar Senen menuju kampung halaman.

Nana memasuki salah satu gerbong KA Jaka Tingkir menyapa sejumlah peserta mudik dan membagikan bingkisan kepada mereka. Pj Gubernur berpesan kepada peserta mudik KA untuk tetap berhati-hati sepanjang perjalanan.

Nana juga bersabda ala petugas KA yakni menggunakan topi khusus dan memegang tongkat yang memberi isyarat keberangkatan KA. Usai mendapat kode petugas, Nana menaikkan tongkat, KA Jaka Tingkir pun mulai bergerak memulai perjalanan.

"Agendanya pelepasan mudik gratis dengan KA yang saat ini dilakukan di Stasiun Pasar Senen. Hari ini dua rangkaian KA diberangkatkan," kata Nana di Stasiun Pasar Senen.

Ada dua KA yang merupakan fasilitas mudik dari Pemprov Jateng yakni KA Jaka Tingkir berkapasitas sebanyak 512 kursi. Pemberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pada hari Minggu, 7 April 2024 Pukul 12.00 WIB. Relasi Pasar Senen – Cikarang – Haurgeulis - Jatibarang - Cirebon Prujakan - Bumiayu - Purwokerto - Kroya - Gombong - Kebumen - Kutoarjo - Wates - Lempuyangan - Klaten - Purwosari.

Selanjutnya, KA Menoreh sebanyak 576 kursi. Pemberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pada hari Minggu, 7 April 2024 Pukul 16.50 WIB dengan relasi Stasiun Pasar Senen - Bekasi - Cikarang - Pegaden Baru - Cirebon Prujakan - Brebes - Tegal - Pemalang - Batang - Weleri - Semarang Tawang Bank Jateng.

"Pelaksanaan mudik lebaran gratis kita lakukan setiap tahun dan insya Allah kita akan tingkatkan jumlah pemudiknya. Selama ini kita bersyukur di samping ada Pemprov Jateng, juga pemerintah pusat yang juga melakukan hal sama," ucap Nana.

Semuanya, kata dia, untuk memberikan pelayanan ke masyarakat dan salah satu bentuk perhatian kepada masyarakat supaya mereka dapat melaksanakan dengan aman, nyaman dan tertib serta mengurangi penggunaan sepeda motor untuk perjalanan mudik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1843 seconds (0.1#10.140)