Danjen Akademi TNI di Era Jokowi, Nomor 6 Pernah Jadi Atase Pertahanan di Rusia

Sabtu, 06 April 2024 - 15:20 WIB
loading...
Danjen Akademi TNI di Era Jokowi, Nomor 6 Pernah Jadi Atase Pertahanan di Rusia
Presiden Jokowi menghadiri Rapim TNI dan Polri 2024 bertempat di GOR A Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, 28 Februari 2024. Hadir dalam acara itu Laksdya TNI Dadi Hartanto saat menjabat sebagai Danjen Akademi TNI. FOTO/DOK.AKADEMI TNI
A A A
JAKARTA - Sebanyak 12 Perwira Tinggi (Pati) pernah menjabat sebagai Danjen Akademi TNI selama dua periode pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satunya adalah prajurit Marinir yang pernah terjun dalam operasi Seroja dan pemberontakan di Aceh.

Danjen merujuk pada singkatan Komandan Jenderal, sebutan jabatan bagi pemimpin unit/lembaga di organisasi TNI. Sementara Akademi TNI merupakan institusi pendidikan tinggi militer yang bertanggung jawab untuk melatih dan mendidik calon-calon perwira militer Indonesia. Akademi TNI memiliki tiga cabang, yaitu Akademi Militer (Akmil) untuk Angkatan Darat, Akademi Angkatan Laut (AAL) untuk Angkatan Laut, dan Akademi Angkatan Udara (AAU) untuk Angkatan Udara.

Perwira Tinggi (Pati) yang menjabat Danjen Akademi TNI sebelumnya berpangkat bintang 2 (Mayor Jenderal/TNI AD, Laksamana Muda/TNI AL, Marsekal Muda /TNI AU). Namun sejak validasi organisasi pada 2016, jabatan Danjen Akademi TNI diemban oleh Pati berpangkat bintang tiga (Letnan Jenderal, Laksamana Madya, Marsekal Madya).



Sejak didirikan pada 16 Desember 1965, Akademi TNI telah dipimpin oleh sekitar 40 Danjen. Dari jumlah itu, 11 di antaranya menjabat di era pemerintaha Presiden Joko Widodo (Jokowi). Siapa saja mereka?

Danjen Akademi TNI di Era Presiden Jokowi:

1. Mayjen TNI (Purn) Harry Purdianto

Danjen Akademi TNI di Era Jokowi, Nomor 6 Pernah Jadi Atase Pertahanan di Rusia

FOTO/DOK.AKADEMI TNI

Danjen Akademi TNI pertama di Era Presiden Jokowi adalah Mayjen TNI (Purn) Harry Purdianto. Ia menduduki jabatan itu kurang dari setahun yakni dari 31 Oktober 2014 hingga 25 Juli 2015.

Harry Purdianto merupakan Danjen Akademi TNI ke-30 yang menggantikan Marsekal Muda TNI Bambang Samoedro. Setelah menjabat Danjen Akademi TNI, Harry Purdianto kemudian dimutasi menjadi Staf Khusus Panglima TNI. Sebelumnya, Harry Purdianto juga pernah menduduki posisi sebagai Kasdam II/Sriwijaya.

2. Letjen TNI (Purn) Bayu Purwiyono

Danjen Akademi TNI di Era Jokowi, Nomor 6 Pernah Jadi Atase Pertahanan di Rusia

FOTO/DOK.TNI AD

Selanjutnya ada nama Letjen TNI (Purn) Bayu Purwiyanto dalam daftar Danjen Akademi TNI di era Presiden Jokowi. Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1982 itu menjabata sebagai Danjen Akademi TNI sejak 7 Agustus 2015 hingga 29 September 2017.

Bayu Purwiyono merupakan Danjen Akademi TNI pertama yang berpangkat bintang 3. Saat ditunjuk memimpin Akademi TNI, Bayu berpangkat Mayor Jenderal, tapi kemudian di tengah jalan terjadi validasi organisasi, yang menetapkan Danjen Akademi TNI dijabat oleh perwira tinggi bintang 3, sehingga pangkatnya naik menjadi Letjen.

Dalam riwayatnya, alumnus AKABRI 1982 itu pernah menjabat sejumlah jabatan militer strategis. Antara lain Danyonif 751/Vira Jaya Sakti (1997-1998), Dandim 1708/Biak Numfor (1998-2000), Kasrem 173/Praja Vira Braja (2001-2002), Asrendam IV/Diponegoro (2007), Aslog KSAD (2014), dan Pangdam IV/Diponegoro.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)