5 Fakta Letjen TNI Widi Prasetijono, Eks Ajudan Jokowi yang Kini Jabat Dankodiklatad

Kamis, 28 Maret 2024 - 11:58 WIB
loading...
5 Fakta Letjen TNI Widi Prasetijono, Eks Ajudan Jokowi yang Kini Jabat Dankodiklatad
Letjen TNI Widi Prasetijono (kanan) berjabat tangan dengan KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Fakta-fakta mengenai Letjen TNI Widi Prasetijono menarik untuk diulas. Perwira tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat (AD) tersebut kini menjabat sebagai Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Kodiklatad).

Abituren Akademi Militer (Akmil) 1993 dari kesatuan Infanteri Kopassus ini merupakan Jenderal TNI yang memiliki karier cemerlang di militer. Pria kelahiran Trenggalek, Jawa Timur 4 Juni 1971 ini menduduki banyak jabatan strategis selama berkarier di Korps Baret Merah Kopassus maupun di institusi TNI.

Berikut ini fakta-fakta Dankodiklatad Letjen TNI Widi Prasetijono:

1. Awali Karier di Kopassus

Letjen TNI Widi Prasetijono mengawali karier militernya dari Korps Baret Merah Kopassus. Hampir sebagian besar sebagai Pama Pussenif kemudian, Danunit Grup 2 Kopassus pada 1995. Selanjutnya menjabat sebagai Danunit Yon 22 Grup 2 Kopassus Dansubtim Yon 22 Grup 2 Kopassus, Dantim Yon 22 Grup 2 Kopassus, Kasilog Grup 1 Kopassus Wadanyon 11 Grup 1 Kopassus. Puncaknya, dia menjadi orang nomor satu di pasukan elite tersebut dengan menjabat sebagai Danjen Kopassus

2. Ajudan Presiden Jokowi

Letjen Widi Prasetijono pernah bertugas di Solo, Jawa Tengah pada 2011-2012. Saat itu, dia menjabat sebagai Dandim 0735. Sedangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Kariernya terus meningkat. Dia kemudian dipercaya menjabat sebagai Pabandya 1/Pampa Spaban II/Pampers Spamad. Hingga akhirnya menjadi ajudan Presiden Jokowi selama dua tahun sejak 2014-2016 di awal-awal masa pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla (JK).

3. Tugas Operasi Seroja dan Papua

Dididik dan ditempat di pasukan elite Kopassus, Letjen TNI Widi Prasetijono beberapa kali diterjunkan di daerah operasi yang berada sejumlah wilayah di Indonesia.

Di antaranya, Operasi Seroja di Timor-Timur (Timtim) sekarang bernama Timor Leste. Tidak hanya itu, dia juga pernah diterjunkan dalam Operasi Pemulihan Keamanan di Papua.

4. Miliki Brevet Bergengsi

Selama meniti karier di militer, Letjen TNI Widi Prasetijono memiliki sejumlah brevet bergengsi yang didapatnya baik dari dalam maupun luar negeri.

Di antaranya, Brevet Kualifikasi Komando Kopassus, Brevet Free Fall, Brevet Para Utama. Termasuk Brevet Kualifikasi Penanggulangan Teror (Gultor) Kopassus serta Brevet Master Parachutist Badge (US Army).

Selain brevet tersebut, dia juga kerap ditugaskan ke luar negeri. Beberapa negara yang pernah disambanginya antara lain, Singapura, China, Myanmar, Australia, Malaysia, Turki dan Amerika Serikat.

5. Jabat Dankodiklatad

Letjen Widi Prasetijono kini menjadi Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI AD (Dankodiklatad) yang baru. Letjen Widi menggantikan Letjen Arif Rahman yang menjadi Wakil Kepala Staf TNI AD.

Sebelum menjabat Dankodilatad, dia menjabat sebagai Pangdam IV/Diponegoro. Jabatan territorial itu diembannya setelah menjabat sebagai Danjen Kopassus pada 2022.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1252 seconds (0.1#10.140)