Hari Ini KPU Lanjutkan Rekapitulasi Nasional 4 Provinsi Lagi

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:22 WIB
loading...
Hari Ini KPU Lanjutkan Rekapitulasi Nasional 4 Provinsi Lagi
Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal melanjutkan rekapitulasi nasional hasil penghitungan suara hari ini. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal melanjutkan rekapitulasi nasional hasil penghitungan suara hari ini. Adapun masih terdapat empat provinsi yang rapat pleno rekapitulasinya belum diselesaikan.

"Jadi teman-teman, hari ini kami rencanakan untuk melanjutkan pleno rekapitulasi nasional secara terbuka untuk empat provinsi yang belum," kata Komisioner KPU August Mellaz, Selasa (19/3/2024).

Dia menjelaskan KPU Jawa Barat dan Maluku telah tiba di Jakarta. Rencananya, rapat pleno ini akan dimulai dari dua provinsi tersebut.





"Yang jelas dua provinsi hari ini, Jawa Barat sudah di Jakarta, sudah di KPU, tinggal nanti dibuka plenonya. Kemudian untuk Provinsi Maluku sedang dalam perjalan dari bandara ke Kantor KPU," ungkapnya.

Sementara dua provinsi lainnya, Provinsi Papua dan Papua Pegunungan diagendakan dilakukan pada malam hari ini. Menurutnya, dua provinsi ini masih belum berada di Jakarta.

"Nah kita usahakan juga, kita upayakan untuk dua provinsi di provinsi di Papua, baik Provinsi Papua dan Papua Pegunungan malam ini bisa hadir di Jakarta. Nah ini update perkembangannya," jelas dia.

Selanjutnya, jika rekapitulasi telah selesai maka KPU akan langsung melanjutkan agenda ke penetapan hasil Pemilu 2024. "Nah misalnya nanti kalau proses rekapitulasi nasional untuk hasil pemilu provinsi selesai maka kita akan masuk ke step berikutnya terkait penetapan," pungkasnya.

Sebagai informasi, hingga Senin (18/3/2024) KPU telah mensahkan suara dari 34 provinsi. Adapun KPU mempunyai batas hingga 20 Maret 2024 untuk menyelesaikan empat provinsi tersisa.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3686 seconds (0.1#10.140)