Hak Angket Kecurangan Pemilu Belum Bergulir di DPR, Jubir AMIN: Perlu Data Lengkap

Selasa, 12 Maret 2024 - 16:26 WIB
loading...
Hak Angket Kecurangan Pemilu Belum Bergulir di DPR, Jubir AMIN: Perlu Data Lengkap
Jubir Timnas AMIN Iwan Tarigan mengatakan, hak angket dugaan kecurangan Pemilu 2024 di DPR belum bergulir hingga saat ini karena perlu data kuat. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Juru Bicara (Jubir) Tim Nasional Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) Iwan Tarigan mengungkap alasan hak angket dugaan kecurangan Pemilu 2024 di DPR belum juga bergulir hingga saat ini. Menurutnya diperlukan data yang lengkap agar tak jadi serangan balik.

"Kenapa masih belum di gulirkan, tentunya harus dengan data yang lengkap agar jangan menjadi serangan balik," kata Iwan, Selasa (12/3/2024).

Iwan menyebut, partai politik (parpol) pengusung AMIN menunggu kepastian PDI Perjuangan sebagai motor hak angket tersebut. "Kepastiannya kita tunggu berikutnya yang jelas PDIP sebagai motor hak angket sudah setuju dengan mempersiapkan hak angket secara akademis dan tentunya partai pendukung 01 ikut serta. Khusus hak angket syaratnya tidak susah cukup 2 orang anggota DPR dan 2 fraksi," ujarnya.



Iwan menilai kans hak angket sangat terbuka dan parpol pengusung AMIN sudah komitmen menggulirkan hak angket. Terkait interupsi saat Sidang Paripurna DPR, 5 Maret 2024 lalu menurutnya dipengaruhi pimpinan sidang yang kala itu Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad yang tidak menghiraukan interupsi sejumlah anggota soal hak angket.

"Masih sangat terbuka karena partai 01 sangat mendukung hak angket digulirkan, mengenai interupsi tanggal 5 Maret sangat di pengaruhi oleh ketua sidang dari Gerindra yang tidak menghiraukan interupsi anggota DPR," ungkapnya.



Sebelumnya, calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan bicara soal wacana hak angket di DPR terkait dugaan kecurangan Pilpres 2024. Anies menilai tidak perlu terburu-buru, lantaran proses penghitungan suara di KPU masih berlangsung.

“Waktunya masih panjang, pengumuman KPU aja belum. Jadi menurut saya ngga ada yang perlu buru-buru hari ini. Prosesnya berjalan terus sekarang dan hasil final pemilu aja belum keluar. Kita tunggu saja prosesnya,” kata Anies, Jumat 8 Maret 2024.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)