Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Sebut Arsitektur Bisa Jadi Daya Tarik Pariwisata

Jum'at, 23 Februari 2024 - 23:30 WIB
loading...
A A A
Selaras dengan tema tersebut, firma desain dan arsitektur Atelier Riri bekerja sama dengan perusahaan baja lapis terbesar di Indonesia PT Tatalogam Group menghadirkan karya instalasi yang mereka beri nama ‘Halaman’ pada pameran tersebut.

Astri, penanggung jawab proyek dari firma Atelier Riri menjelaskan, dengan instalasi Halaman ini Artelier Riri dan PT Tatalogam Group ingin memperkenalkan tentang modular sistem di mana modular yang ditampilkan tidak kaku atau tidak terkotak-kotakkan, namun modular yang artistik.

"Ide ini muncul sesuai dengan tema ARCH;ID yaitu Placemaking. Placemaking ini kita terjemahkan berorientasi pada orang. Artinya kami ingin memenuhi kebutuhan orang dengan mengambil pendekatan tentang transformation dan flexible," ujarnya.

Menurut Astri, ternyata kebutuhan itu bisa diakomodasi oleh inovasi PT Tatalogam Group dengan sistem Domus Fastrack-nya, sehingga tercipta sebuah instalasi modular artistik yang kami beri nama Halaman.

Dengan sistem Domus Fastrack mereka ingin menunjukkan material baja lapis dapat dibentuk sesuai dengan desain kreatif arsitektur.

“Desain yang kami buat cukup random. Contohnya pada desain yang kami buat ada sudut kemiringan 10 derajat. Dengan Domus Fastrack, desain tersebut bisa dibentuk sesuai keinginan melalui software mereka. Dari software ini kemudian diproduksi rangka sesuai desain sehingga di lokasi konstruksi tidak ada material yang tersisa,” kata Astri.

Perwakilan PT Tatalogam Group Christi Pramudianti Wihardjono mengatakan, Domus Fastrack merupakan salah satu inovasi yang dikembangkan dengan teknologi canggih untuk berbagai aplikasi bangunan. Mulai dari desain hingga proses manufaktur menggunakan bahan baja lapis berkualitas tinggi produksi PT Tatalogam Lestari.

Dengan software mereka yang terus ter-update, material baja lapis dipotong sesuai desain yang sudah ditentukan sehingga produk yang dihasilkan hampir tidak menyisakan limbah produksi.

“Domus Fastrack adalah sistem membuat rumah prefabrikasi ramah lingkungan yang telah banyak digunakan untuk komersial, perumahan dan banyak bangunan lain. Dengan kelebihan, tanpa waste dan didesain menggunakan teknologi tinggi sehingga sangat presisi dan sangat cepat dalam perakitannya," ungkapnya.

Christi mencontohkan dalam proses pembangunan instalasi modular artistik Halaman ini, dari desain masuk hingga produk terinstal hanya membutuhkan waktu 1-2 minggu saja. Dengan berbagai kelebihannya itu, dia berharap teknologi Domus Fastrack dapat dimanfaatkan oleh para arsitektur Tanah Air untuk berkarya sesuai kreativitasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)