Bawaslu Pastikan Pemungutan Suara Ulang di 2.000 Lebih TPS Berjalan Lancar

Jum'at, 23 Februari 2024 - 17:29 WIB
loading...
Bawaslu Pastikan Pemungutan Suara Ulang di 2.000 Lebih TPS Berjalan Lancar
Anggota Bawaslu, Totok Hariyono mengungkapkan dari hasil pengawasan Bawaslu dari 823.220 TPS sekitar 2.000 lebih TPS yang PSU, seluruhnya berjalan kondusif dan lancar. Foto/MPI
A A A
MALANG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memastikan penyelenggaraan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di beberapa lokasi berjalan kondusif. Di Kabupaten Malang dan Kota Malang, total ada delapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang melaksanakan pencoblosan ulang.

Anggota Bawaslu, Totok Hariyono mengungkapkan dari hasil pengawasan Bawaslu dari 823.220 TPS sekitar 2.000 lebih TPS yang PSU, seluruhnya berjalan kondusif dan lancar. Mayoritas dari TPS itu mengulang pencoblosan karena adanya pemilih yang tidak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), tapi diperkenankan memilih karena dianggap sebagai Daftar Pemilih Khusus (DPK).



"Secara nasional ada hampir 2.000 an lebih, karena pemungutan suara yang tidak pada tempatnya, pemilih lebih dari satu kali, tertukarnya surat suara. Tapi semuanya Insya Allah berjalan lancar," ujarTotok Hariyono usai meninjau PSU di TPS 4 Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, pada Jumat (23/2/2024).

Totok menyatakan khusus di Kabupaten Malang ini ada lima TPS yang direkomendasikan oleh Bawaslu untuk pencoblosan ulang karena adanya kasus pemilih tidak masuk DPT dan DPTb ikut mencoblos. Dimana dari lima TPS hasil pantauan rekan-rekan Bawaslu Kabupaten Malang seluruhnya berjalan aman dan dengan tingkat partisipasi bagus.

"Semuanya berjalan dengan baik, lancar. Partisipasinya juga bagus. Sama seperti di sini tadi, tingkat partisipasinya sudah 70 persen, artinya bagus," jelas dia.

Sebagai informasi, PSU lima TPS di Kabupaten Malang dilangsungkan di TPS 2 dan 16 Desa Senggreng, Kecamatan Sumberpucung, PSU (Pemilihan Pilpres dan Wakil Presiden), TPS 4 PSU PPWP Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Sedangkan di Kecamatan Pujon, Desa Bendosari, itu kata Dika ada satu TPS yakni di TPS 3 yang melakukan coblosan ulang pada Pilpres, DPD, DPR RI, dan DPRD Provinsi.

Kemudian di Kecamatan Pakis, terdapat satu TPS di Desa Sekarpuro, yakni TPS 4 yang melakukan coblosan ulang PPWP, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten Malang. Dimana tiga kecamatan itu seluruhnya dilaksanakan pada Jumat 23 Februari 2024.



Sementara PSU di Kota Malang akan dilangsungkan di tiga TPS yakni 14 dan 37 di Kelurahan Mojolangu, dan TPS 48 di Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2995 seconds (0.1#10.140)