Terinspirasi Kampung Coklat Blitar, Atikoh: Kalau Mau Maju Harus Berdaulat Pangan

Sabtu, 27 Januari 2024 - 08:35 WIB
loading...
Terinspirasi Kampung Coklat Blitar, Atikoh: Kalau Mau Maju Harus Berdaulat Pangan
Siti Atikoh Supriyanti, istri capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo, mengunjungi Kampung Coklat, destinasi wisata populer berbasis edukasi di Jalan Banteng Blorok, Blitar, Jawa Timur. Foto/MPI/TPN Ganjar-Mahfud
A A A
JAWA TIMUR - Siti Atikoh Supriyanti, istri capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mengunjungi Kampung Coklat, destinasi wisata populer berbasis edukasi di Jalan Banteng Blorok, Blitar, Jawa Timur, Jumat, 26 Januari 2024 malam.

Kunjungan Atikoh ke Blitar merupakan bagian dari rangkaian Safari Politik ke Jawa Timur yang dimulai sejak Rabu, 24 Januari 2024 lalu. Dalam kunjungannya, Atikoh mengaku terinspirasi dari kampung wisata tersebut tentang perkembangan Kampung Coklat.

Sebab, perkembangan ini dinilainya sangat pesat yang semula hanya kampung biasa disulap menjadi kampung wisata berbasis edukasi. "(Kampung Coklat) ini adalah menjadi percontohan kalau Indonesia itu mau maju kita harus berdaulat di bidang pangan dan ini bisa menyerap tenaga kerja banyak sekali," kata Atikoh.



Keberadaan Kampung Coklat juga disinyalir meningkatkan perekonomian warga sekitar lantaran kunjungan wisatawan dari berbagai daerah hingga mancanegara. "Tentu insnyaallah ini akan jadi berkah buat Kampung Coklat buat Blitar juga untuk masyarakat Indonesia," kata Atikoh.

Belajar dari Kampung Coklat, kata Atikoh, berdaulat di bidang pangan itu bisa dilihat dari proses pengelolaan Kampung Coklat. Pasalnya, Kampung Coklat selain menyerap ratusan tenaga kerja, destinasi wisata itu juga menjadi penghasil coklat kebanggaan warga Blitar yang jaringan pemasarannya cukup luas di Tanah Air.



"Berdaulat di bidang pangan itu mulai dari bagaimana kita bisa menghasilkan bibit yang unggul, kemudian penjualannya tidak hanya bentuknya bibit atau bentuk coklat yang masih mentah, nilai tambahnya itu pasti akan bisa ditingkatkan kalau sudah dalam bentuk jadi, dan ini luar biasa," kata dia.

Atikoh berharap akan ada kampung-kampung serupa yang berkembang seperti Kampung Coklat di Blitar. Dengan demikian, solusi ketersediaan tenaga kerja akan teratasi dengan tumbuhnya dunia wirausaha di sejumlah daerah.

"Filosofi dari penyerapan tenaga kerja, membuka lapangan kerja 17 juta itu ya seperti ini. Bukan dengan cara pemerintah menyerap tenaga ASN, pekerja-pekerja BUMN atau sektor-sektor lain. Tetapi ada jiwa kewirausahaan. Karena nanti tenaga kerja kita menghadapi bonus demografi," ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1024 seconds (0.1#10.140)