KIP Ajak Parpol Peserta Pemilu Bersikap Terbuka

Selasa, 22 Mei 2018 - 18:50 WIB
KIP Ajak Parpol Peserta Pemilu Bersikap Terbuka
KIP Ajak Parpol Peserta Pemilu Bersikap Terbuka
A A A
JAKARTA - Komisi Informasi Pusat (KIP) mengajak seluruh partai politik peserta Pemilu 2019 untuk berkomitmen mengedepankan prinsip keterbukaan informasi kepada publik.

Ajakan KIP dilaksanakan dengan menggelar Deklarasi Keterbukaan Informasi Badan Publik Peserta Pemilu 2019 yang digelar di Wisma Antara, Jakarta, Selasa (22/5/2018).

Komisioner KIP, Cecep Suryadi berharap keterbukaan informasi kepada publik menjadi kewajiban dari setiap partai politik.

"Mudah mudahan dengan acara ini menjadi pintu gerbang bagi partai politik untuk melaksanakan kewajibannya yang diamanahkan dalam UU Nomor 14 Tahun 2008," tutur cecep dalam acara tersebut.

Dalam acara ini, perwakilan partai politik menandatangani komitmen keterbukaan informasi publik yang isinya sebagai berikut:

Pertama, menjadi pendorong utama dalam mengakselerasi pembangunan budaya politik di Indonesia dengan amanah menjalankan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Kedua, mewujudkan penyelenggaraan Pemilihan Umum dengan prinsip keterbukaan informasi publik, termasuk dalam aspek pengelolaan keuangan partai politik di setiap tingkatan struktur.

Ketiga, mengedepankan prinsip transparansi, akuntabel, jujur dan adil dalam melaksanakan setiap tahapan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden tahun 2019.

Keempat, mendorong semua kader partai politik yang mengemban jabatan publik untuk menerapkan keterbukaan informasi dalam setiap kebijakan demi mewujudkan partisipasi rakyat dan mencerdaskan bangsa.

Setelah membaca empat poin komitmen tersebut, setuap parpol mengucap deklarasi untuk selalu mengedepankan prinsip keterbukaan informasi publik. Salah satu partai Persatuan Indonesia (Perindo).

"Kami dari Partai Perindo selalu komit dalam mendeklarasikan keterbukaan publik. Sebagai partai baru insya Allah kami mampu. Semua yang kami laksanakan terbuka. Mudah-mudahan ke depan Partai Perindo berharap semua partai politik bisa melaksanakan komitmen ini," tutur Ketua Bidang Humas dan Komunikasi DPP Partai Perindo, Dwi Badarmanto.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5230 seconds (0.1#10.140)