Ziarah Ke Makam Bung Karno, Megawati Sampaikan Pesan Pertobatan

Kamis, 10 Mei 2018 - 22:18 WIB
Ziarah Ke Makam Bung Karno, Megawati Sampaikan Pesan Pertobatan
Ziarah Ke Makam Bung Karno, Megawati Sampaikan Pesan Pertobatan
A A A
BLITAR - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri berziarah ke makam Proklamator RI Soekarno di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Kamis (10/5/2018) .

Megawati datang membawa rombongan. Selain pengurus DPP PDIP dan anggota DPR, hadir juga sejumlah kepala daerah, para kader dan pengurus partai di wilayah.

Terlihat Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Anggota DPR Adian Napitupulu, Henry Yosodiningrat. Terlihat juga Puti Guntur Soekarno yang juga calon wakil gubernur Jawa Timur.

Mengenakan kemeja putih lengan panjang dan bersyal, serta dipadu celana jeans gelap, Megawati langsung bersimpuh di depan pusara ayahnya. Usai berdoa tahlil, ziarah jelang bulan puasa ini ditutup dengan ritual tabur bunga.

"Ini merupakan tradisi keluarga Ibu Megawati menjelang bulan Ramadhan," ujar Hasto kepada wartawan, Kamis (10/5/2018).

Melalui Hasto, Megawati menyampaikan pesan bahwa ziarah yang dilakukan dalam suasana kebatinan yang bening. Bersama seluruh rombongan, Megawati berdoa semoga bisa menjalani bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya.

"Semoga diberkati Tuhan dengan sebaik-baiknya. Bulan Ramadhan adalah bulan penuh semangat pertobatan. Begitu pesan Ibu Mega," kata Hasto.

Dari makam Bung Karno, Megawati berserta rombongan langsung menuju Pendopo Kabupaten Blitar. Oleh Bupati Blitar Rijanto, dia dijamu makan siang serta minuman es pleret, yakni es tradisional khas Blitar.

Ahmad Basarah menambahkan acara ziarah ini merupakan tradisi keislaman keluarga besar Bung Karno. Hal ini dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan.

"Ibu Mega didampingi seluruh putra putranya dan keluarga yang lain, termasuk Mbak Puti Guntur Soekarno selaku cucu Bung Karno sekaligus keponakan Ibu Mega," ujarnya.

Sesuai jadwal acara, dari Blitar rombongan Megawati langsung bertolak ke Bandara Abdul Rahman Saleh Malang. Dari Malang langsung melanjutkan perjalanan ke Solo. Rencananya Megawati akan menghadiri acara Apel Siaga PDIP terkait Pilkada serentak Jawa Tengah di Stadion Manahan Solo Jumat 11 Mei 2018, besok.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7323 seconds (0.1#10.140)