Satgas Sebut Vaksin Milik Sinovac Salah Satu yang Paling Maju

loading...
Satgas Sebut Vaksin Milik Sinovac Salah Satu yang Paling Maju
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito mengatakan bahwa saat ini seluruh dunia berlomba untuk bisa melindungi rakyatnya dari COVID-19. Foto/BNPB
A+ A-
JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito mengatakan bahwa saat ini seluruh dunia berlomba untuk bisa melindungi rakyatnya dari COVID-19. Salah satunya dengan vaksin.

Hal ini pun juga dilakukan oleh pemerintah Indonesia yang saat ini bekerja sama dengan perusahaan asal China Sinovac terkait pengembangan vaksin. (Baca juga: Positif Covid-19 Bertambah 1.693 Kasus, Total Meninggal 5.824 orang)

"Pada saat ini Sinovac yang berkonsorsium dengan Bio Farma, adalah perusahaan atau pihak yang memiliki kandidat vaksin yang paling maju,” ujarnya saat konferensi pers, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (11/8/2020).

Selain dengan sinovac, Wiku menyebut ada beberapa kandidat vaksin yang sudah masuk pada tahap uji klinis. Dia mengatakan bahwa pemerintah akan mencari vaksin tercepat dan terbaik.



“Dan tentunya kita akan mencari yang terbaik dan tercepat. Tapi yang disebut itu harus aman dan efektif bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dan proses itu selalu diperhatikan oleh pemerintah untuk memastikan keamanan dan keefektifan vaksin tersebut,” jelasnya. (Baca juga: Tercatat Sebanyak 85.928 Orang Menjadi Suspek COVID-19)

Sebelumnya, Wiku menyebut terdapat 188 kandidat vaksin yang tengah dikembangkan. Dimana 139 di antaranya masuk ke dalam tahap pre-klinis. Lalu 25 kandidat vaksin yang berproses di kandidat vaksin dengan uji klinis tahap I. Ada 17 kandidat vaksin dengan uji klinis tahap II. Sementara ada 7 yang berada pada uji klinis tahap II.
(kri)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top