Kaesang Ungkap Pentingnya Maksimalkan Masa Kampanye Terbuka

Sabtu, 20 Januari 2024 - 04:02 WIB
loading...
Kaesang Ungkap Pentingnya Maksimalkan Masa Kampanye Terbuka
Kaesang Pangarep yang juga Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kampanye terbuka dalam Pemilu 2024 dan Pilpres 2024 bagi sebuah partai politik atau pun sosok capres-cawapres dinilai merupakan momentum penting. Pandangan ini disampaikan oleh Kaesang Pangarep yang juga Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Karena itu, Kaesang pun memanfaatkan masa kampanye terbuka selama 21 hari untuk memperkenalkan program partai di seluruh Tanah Air. Kaesang berharap dengan mengoptimalkan kampanye terbuka pada 21 Januari hingga 10 Februari 2024, dapat mendulang banyak suara.

Sehingga katana, dapat lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold sebesar 4 persen sesuai UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

"Kita memperbanyak sosialisasi, kaya nanti di 21 hari kampanye terbuka, kami akan menggunakan itu maksimal mungkin untuk memperkenalkan PSI di Indonesia," kata Kaesang usia memimpin kopi darat wilayah (kopdarwil) PSI yang digelar tertutup di Padang, Sumatera Barat, Jumat 19 Januari 2024.



Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum, jadwal kampanye terbuka dimulai pada Minggu, 21 Januari 2024 sampai dengan Sabtu, 10 Februari 2024.

Dalam rentang waktu tersebut, peserta Pemilu juga diperbolehkan untuk beriklan melalui media massa cetak, elektronik, maupun daring. Kaesang yakin pada Pemilu 2024, partainya dapat lolos parlemen, dan tidak mengulang kegagalan pada Pemilu 2019.

"Insya Allah Pemilu kali ini 'SKSD' (satu kursi satu dapil) bisa pecah telur," ujarnya.

Padang, Sumatera Barat, menjadi kota kedua safari politik Kaesang di Pulau Sumatera, Jumat, sebelum bertolak ke Tarakan, Kalimantan Utara, Sabtu (20/1/2024). Kaesang menilai elektabilitas PSI di Sumbar sudah jauh meningkat.

Dia juga mengharapkan, PSImendapat ceruk suara massa di Sumbar, daerah yang menjadi basis suara Partai Gerindra, partai yang dipimpin PrabowoSubianto. PSI merupakan salah satu partai pendukung pasangan calon presiden-wakil presiden PrabowoSubiantodan GibranRakabuming Raka.

"Kita kan juga kemarin ada beberapa ceruk suaranya Pak Prabowo ya kami coba ambil kalau bisa. Kalau bisa kan, tapi kan selama ini Gerindra semua," ujar putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

Setelah menggelar kopdarwil di Padang, Kaesang dijadwalkan akan menghadiri "Ngopi Santuy dengan Remaja Kreatif Sumbar" pada Jumat malam. Sebelum bertolak ke Padang, Kaesang juga bertemu dengan Tim Kampanye Daerah Prabowo-Gibran di Lampung pada Jumat ini.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1144 seconds (0.1#10.140)