Eskalasi Konflik Timteng, Pemerintah Didesak Suarakan Akhiri Genosida di Gaza

Senin, 15 Januari 2024 - 19:02 WIB
loading...
Eskalasi Konflik Timteng, Pemerintah Didesak Suarakan Akhiri Genosida di Gaza
Pusat Studi Kota dan Dunia (PSKD) mendesak pemerintah Indonesia untuk mengoptimalkan seluruh upaya diplomatik demi menghentikan genosida Israel di Gaza. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Pusat Studi Kota dan Dunia (PSKD) mendesak pemerintah Indonesia untuk mengoptimalkan seluruh upaya diplomatik demi menghentikan genosida Israel di Gaza . Ini karena eskalasi konflik di Timur Tengah, yang disulut pembantaian di Gaza, akan mencekik perekonomian global yang ujungnya akan menekan ekonomi Indonesia.

Ketua Dewan Pengurus PSKD Dedi Supriadi mengatakan, serangan Amerika Serikat (AS) dan Inggris terhadap milisi Houthi di Yaman akhir pekan lalu akan mengeskalasi konflik di Laut Merah. Serangan AS tersebut, yang dipicu penghadangan Houthi terhadap kapal-kapal yang berlayar ke Israel, akan memunculkan dampak negatif ke perdagangan global.

"Dan Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang bisa terkena dampaknya," katanya, Senin (15/1/2024).



Dedi mengungkapkan, Laut Merah merupakan jalur pelayaran dunia yang sangat penting, memfasilitasi sekitar 12 persen perdagangan global dan sekitar 30 persen lalu lintas peti kemas global. Laut yang menghubungkan Laut Mediteriania dan Samudera Hindia itu juga merupakan urat nadi perdagangan Asia dan Eropa, dengan 40 persen aktivitas perdagangan antara dua benua melewati laut tersebut.

Meningkatnya konflik di laut sempit yang memisahkan Semenanjung Arab dan Benua Afrika itu sudah menyebabkan gangguan pada pelayaran dunia.

Kemudian serangan AS ke Yaman akhir pekan lalu tidak akan menggentarkan ataupun menghentikan penghadangan Houthi ke kapal-kapal yang berlayar di Laut Merah. Yang ada serangan AS tersebut bisa menimbulkan konflik yang lebih besar dan bencana kemanusiaan besar lain di Yaman, yang sudah menderita akibat perang saudara selama 20 tahun terakhir.

Tidak bisa tidak, pembantaian Israel di Gaza yang menjadi akar masalah dan menyulut konflik yang luas di Timur Tengah harus segera diakhiri. Pemerintah Indonesia harus menggunakan seluruh instrumen diplomasi dan hukum internasional yang tersedia untuk menghadirkan gencatan senjata dan menghentikan perang.

"Jangan tunggu sampai dampak konflik ini datang ke kota-kota kita," ujar Dedi.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6159 seconds (0.1#10.140)