Wapres Ma'ruf Amin Kritik Bansos, Ganjar Ungkap tentang Pentingnya KTP Sakti

Selasa, 09 Januari 2024 - 16:30 WIB
loading...
Wapres Maruf Amin Kritik Bansos, Ganjar Ungkap tentang Pentingnya KTP Sakti
Capres nomor urut 3 yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo. Foto/TPN Ganjar-Mahfud
A A A
CILACAP - Capres nomor urut 3 yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo menjawab kritikan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin yang menyatakan bantuan sosial (Bansos) melestarikan kemiskinan dan seharusnya anggaran yang ada diutamakan untuk pembangunan manusia.

Jawaban atas kritik Wapres Ma'ruf Amin disampaikan Ganjar Pranowo dalam sesi doorstop di D'pillars Resto, Cilacap, Cilacap Tengah, Jawa Tengah, Selasa (9/1/2024).

"Kenapa kemudian kita perlu KTP Sakti, karena itu presisi data. Kalau kita presisi datanya, maka sebenarnya, yang berhak menerima itu betul-betul yang masuk dalam kemiskinan, kalau perlu yang ekstrim. Sehingga kemudian betul-betul tepat sasaran," ujar Ganjar Pranowo.



Ganjar melihat pengembangan sumber daya manusia memang tidak melulu soal bansos melainkan juga melalui pemberdayaan masyarakat.

"Kita tidak perlu melebih-lebihkan, karena yang betul-betul ekstrem, butuh bantuan seketika, maka BLT itu penting. Tapi yang lain kan musti empowering dengan cara pendidikan," jelas Ganjar Pranowo.

Ia menekankan berbagai gagasan yang akan ia wujudkan apabila menerima amanat dari rakyat dan dapat memenangkan Pemilu 2024.

"Maka saya bicara satu keluarga miskin, satu sarjana. Itu kan prestasi, kalau kemudian itu bisa dilakukan, maka ya kita tidak akan memberikan ikan. Kita akan betul-betul kasih kail diantara keluarga yang ada," jelasnya.

Meskipun demikian Ganjar Pranowo tidak merasa apa yang disampaikan Ma'ruf Amin keliru. Ia merasa memang pemberdayaan dan penciptaan lapangan pekerjaan harus lebih diutamakan ketimbang pemberian bantuan sosial melalui kartu.

"Selebihnya, benar yang disampaikan oleh Pak Wapres. Kita musti memberdayakan, dan itu pemerintah bisa mengintervensi dari pintu yang lain. Ya minimal yang desil 1, desil 2 itu menjadi perhatian dengan sifatnya konsumtif. Tapi yang lain bisa dengan yang sifatnya produktif dan pemberdayaan," pungkas Ganjar Pranowo.

Kehadiran Ganjar Pranowo untuk melakukan safari politik Kampanye Pilpres 2024 pada hari pertama di wilayah tersebut akan difokuskan di Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banyumas.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1969 seconds (0.1#10.140)