Sosok Muda Andi Fahrul Amsal Didorong Jadi Wamenkumham

Jum'at, 05 Januari 2024 - 18:02 WIB
loading...
Sosok Muda Andi Fahrul Amsal Didorong Jadi Wamenkumham
Sosok muda Andi Fahrul Amsal didorong untuk menjadi Wamenkumham. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Sosok muda Andi Fahrul Amsal menyita perhatian publik lewat perusahaannya Amura Pratama, yang memberdayakan warga binaan lewat pendirian pabrik garmen di Lapas Kelas 1 di sejumlah daerah.

Seperti honor seorang narapidana yang dipekerjakannya di Lapas Kelas 1 Makassar bernama Abdul Kadir, mencapai Rp4 juta.

Atas sejumlah hal tersebut, Andi Fahrul Amsal didorong untuk menjadi Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) yang saat ini tengah kosong.

Ketua Badko HMI Sulselbar periode 2021-2023 Andi Ikram Rifki menyebutkan, terobosan Andi Fahrul sangat brilian dan bisa menjadi pertimbangan utama bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilihnya sebagai Wamenkumham.

"Harapan kami tentu Kak Fahrul ini bisa masuk Kabinet Pak Presiden Jokowi sebagai Wamenkumham. Karena kami melihat beliau begitu konsisten fokus memberdayakan narapidana yang sementara menjalani masa tahanan di Lapas. Mereka diberi keterampilan dan pekerjaan," kata Ikram, Jumat (5/1/2023).

Sementara Andi Fahrul sendiri tak menyangka banyak kalangan yang mengapresiasi kiprahnya memberdayakan warga binaan dan mendukungnya untuk menjadi Wamenkumham.

Sebab apa yang selama ini dia kerjakan semata-mata ia niatkan untuk memberikan manfaat ke masyarakat. "Jadi memang segala konsep bisnis yang saya jalankan ini saya niatkan ikhlas berbuat untuk menciptakan kesejahteraan terhadap masyarakat utamanya tahanan lapas," ujarnya.

Kiprah Andi Fahrul adalah pengusaha milenial dengan berlatar belakang mahasiswa hukum. Dinilai telah banyak berkontribusi pada perbaikan kualitas narapidana di Indonesia.

Konsep pemberdayaan yang dijalankan Andi Fahrul telah banyak narapidana diberi keterampilan dan dipekerjakan selama menjalani masa tahanan sekaligus menyiapkan diri untuk kembali di masyarakat.

Andi Fahrul sendiri tak menyangka banyak kalangan yang mengapresiasi kiprahnya memberdayakan warga binaan dan mendukungnya untuk menjadi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2921 seconds (0.1#10.140)