Jokowi Disarankan Gaet Tokoh Islam di Pilpres 2019

Senin, 19 Maret 2018 - 09:05 WIB
Jokowi Disarankan Gaet Tokoh Islam di Pilpres 2019
Jokowi Disarankan Gaet Tokoh Islam di Pilpres 2019
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) disarankan menggandeng tokoh Islam pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Saran itu disampaikan Adik Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), KH Salahuddin Wahid.

"Kalau bukan dari Islam pemilih Pak Jokowi bisa jauh berkurang," kata pria yang akrab disapa Gus Sholah ini. Tokoh Islam dimaksudnya bisa dari kalangan partai politik (parpol) maupun non-parpol. Dari Parpol, dia memberikan contoh misalnya Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Mochammad Romahurmuziy (Gus Rommy).

Sedangkan non-parpol, yakni mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD. "Banyak pilihan. Dari parpol misalnya Rommy (ketua umum PPP M Romahurmuziy), dia calon yang baik. Dari luar parpol misalnya Pak Mahfud MD, juga calon yang baik," ujar Pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang, Jawa Timur ini.

Rektor Universitas Hasyim Asyari itu berpendapat, poros ketiga di Pilpres mendatang sulit diwujudkan. "Jadi tinggal siapa yang jadi pendamping dua calon (Jokowi dan Prabowo, red) itu. Masih ada waktu beberapa bulan untuk menentukan," ujar mantan wakil ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia itu.

Kendati demikian, dia tidak sepakat jika Pilpres 2019 hanya diikuti calon tunggal. "Calon tunggal kurang bagus bagi demokrasi," bebernya.

Sementara itu, Ketua Umum PPP Mochammad Romahurmuziy mengatakan, partainya terus berkomunikasi dengan sejumlah partai yang berkomitmen mengusung Jokowi pada Pilpres 2019 untuk memberikan calon wakil presiden (Cawapres) terbaik sesuai kebutuhan petahana.

"Kami PPP berfokus pada apa-apa yang dibutuhkan Presiden ke depan karena tugas wakil itu mendampingi Presiden," kata Gus Rommy. Sebelumnya, Gus Rommy santer disebut-sebut sebagai Cawapres yang ideal mendampingi Presiden Jokowi dalam Pilpers 2019 mendatang.

Sebab, dalam beberapa waktu terakhir ini tampak terlihat kemesraan kedua tokoh tersebut, dan terakhir seperti yang diperlihatkan usai menghadiri pernikahan cucu Mbah Moen di Cirebon. Jokowi dan Gus Rommy terlihat akrab dalam satu pesawat.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7966 seconds (0.1#10.140)