Rokhmin Dahuri Menunjukkan Peta Jalan Menuju Kedaulatan Pangan

Senin, 10 Agustus 2020 - 14:48 WIB
loading...
Rokhmin Dahuri Menunjukkan Peta Jalan Menuju Kedaulatan Pangan
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling hakiki, karena sangat menentukan kesehatan dan kecerdasan. ”You are what you eat,” kata Prof Rokhmin Dahuri, dalam pembuka tulisannya di buku berjudul Jebakan Krisis dan Ketahanan Pangan: Sehimpun Saran dan Solusi.

Prof Rokhmin yang pernah menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Gotong Royong ini berpandangan, dalam jangka panjang, kekurangan pangan di suatu negara akan mewariskan generasi yang lemah, kurang cerdas, dan tidak produktif - a lost generation. Dengan kualitas SDM semacam ini, tidaklah mungkin sebuah bangsa bisa maju dan sejahtera.

Peran krusial pangan bagi sebuah bangsa, ujar sang profesor, semakin nyata di tengah pendemi Covid-19 ini. Di mana, negara-negara produsen pangan dunia (seperti AS, Kanada, dan Thailand) mengurangi ekspor pangannya, karena kendala logistik maupun demi mengamankan pemenuhan kebutuhan pangan nasionalnya.

“Indonesia akan terhindar dari ancaman krisis pangan akibat pandemi covid-19 dengan mengutamakan kesejahteraan petani, nelayan, dan produsen pangan lainnya. Kemudian, menjaga supaya seluruh unit usaha produksi pangan dan industri pengolahan pangan yang ada di seluruh Nusantara tetap berproduksi,” kata Ketua Umum Gerakan Nelayan dan Tani Indonesia ini.

(Baca: Lewat Buku, Tiga Eks Menteri Bahas Jebakan Krisis dan Ketahanan Pangan)

Dalam jangka menengah – panjang, Indonesia harus terus meningkatkan kapasitas dan etos kerja petani dan nelayan melalui program pendidikan, pelatihan, dan penyuluhan secara berkesinambungan. Kapasitas R & D pun mesti terus ditingkatkan agar mampu menghasilkan beragam inovasi IPTEKS untuk menopang sektor ekonomi pangan yang produktif, efisien, berdaya saing, inklusif, dan sustainable.

“Akhirnya, dengan kebijakan politik-ekonomi (seperti moneter, fiskal, ketenagakerjaan, otonomi daerah, dan iklim investasi) yang kondusif, insya Allah Indonesia tidak hanya akan berdaulat pangan dalam waktu dekat, tetapi juga bakal mampu ‘feeding the world’,” papar Vice Chairman of International Scientific Advisory Board of Center for Coastal and Ocean Development, University of Bremen, Germany ini.

Sekadar diketahui, buku berjudul Jebakan Krisis dan Ketahanan Pangan: Sehimpun Saran dan Solusi yang diinisiasi lembaga Pandu Tani Indonesia (Patani) ini, rencana diluncurkan dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan RI dan HUT ke-12 Patani, Agustus 2020 ini.

(Baca: Jadi Penulis Tamu, AHY Wakili Milenial di Buku tentang Ketahanan Pangan)

Selain Rokhmin, ada delapan tokoh lainnya yang juga menyumbang tulisan di buku yang disunting Jaelani Ali Muhammad (Kepala Editor Bahasa KORAN SINDO). Mereka adalah Prof Dr H Bomer Pasaribu (Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada paruh pertama era pemerintahan Abdurrahman Wahid), Dr Anton Apriyantono (Menteri Pertanian dalam Kabinet Indonesia Bersatu), eksekutif Indonesia yang pernah menjabat sebagai Kepala Bulog Sutarto Alimoeso, Direktur Indofood Franciscus Welirang, Ketua Umum Asosiasi Bunga Indonesia (Asbindo) Glenn Pardede, dan tulisan doktor bidang keahlian ilmu perencanaan pembangunan wilayah dan perdesaan Harry Santoso.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1893 seconds (0.1#10.140)