BPKP Dorong Pegawai Lakukan Transformasi Digital

Selasa, 12 Desember 2023 - 16:52 WIB
loading...
A A A
Innovesia melalui lokakarya design thinking memastikan setiap peserta Pelatihan Transformasi Digital dan Pengambilan Keputusan Berbasis Data mampu mengidentifikasi masalah utama BPKP dalam menjalankan fungsi pembinaan dan pengawasan. Selain itu juga masalah yang dialami para pemangku kepentingan terkait, yang kemudian bisa ditransformasikan proses bisnisnya secara digital.

"Design thinking dipilih karena memiliki peran kunci dalam meningkatkan kompetensi manusia dalam berinovasi. Dengan pendekatan yang fokus pada pemahaman mendalam terhadap pengguna, pemecahan masalah kreatif, dan iterasi berkelanjutan, setiap peserta dibimbing untuk menciptakan transformasi digital yang tidak hanya sekadar digitalisasi tanpa makna, melainkan memiliki nilai tambah yang signifikan bagi publik atau para pemangku kepentingan BPKP," kata Fiter Bagus.

Dalam pelatihan ini, Innovesia mengundang 3 praktisi transformasi digital ternama Tanah Air yakni, pakar Enterprise Architecture di Indonesia Romi Satria Wahono yang telah membantu banyak instansi pemerintahan dalam transformasi digital, pakar teknologi informasi terkemuka Onno W Purbo, dan founder AMBIZ Givari Rizky Michael Amrin.

Romi Satria Wahono membekali peserta dengan pengetahuan mendalam mengenai lima komponen utama transformasi digital dan bagaimana enterprise architecture memungkinkan BPKP untuk merancang, mengelola, dan mengoptimalkan ekosistem teknologi informasi mereka yang kompleks.

Sementara Givari Rizky Michael Amrin menekankan betapa pentingnya faktor manusia atau human readiness dalam transformasi digital. Juga Onno W. Purbo yang membekali peserta dengan keterampilan teknis melalui demonstrasi process mining dan text mining.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1830 seconds (0.1#10.140)