Koalisi Gerindra, PKS, dan PAN Bikin Politik Jadi Berwarna

Rabu, 27 Desember 2017 - 15:51 WIB
Koalisi Gerindra, PKS, dan PAN Bikin Politik Jadi Berwarna
Koalisi Gerindra, PKS, dan PAN Bikin Politik Jadi Berwarna
A A A
JAKARTA - Hubungan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Amanat Nasional (PAN) semakin mesra dalam beberapa hari ini.

Hal tersebut dibuktikan dengan koalisi yang dibangun tiga partai ini dalam pilkada serentak 2018, terakhir saat Pilgub DKI Jakarta.

"(Koalisi tiga partai) ini merupakan upaya yang baik dan bertujuan menyehatkan demokrasi," kata Direktur Politik dan Hukum Wain Advisory Indonesia, Sulthan Muhammad Yus saat dihubungi SINDONEWS, Rabu (27/12/2017).

Sulthan menilai, koalisi yang dibangun Gerindra, PKS, dan PAN merupakan kesinambungan dari komunikasi yang sudah terjalin sejak pemilu 2014 lalu.

Menurut dia, tidak menutup kemungkinan koalisi ini akan berlanjut di pemilu presiden 2019 mendatang. Katanya, batu loncatan pertama ada di pilkada serentak 2018 yakni tiga daerah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Mengingat kata Sulthan, tiga daerah itu merupakan epicentrum suara. Baginya, memenangkan ketiga wilayah provinsi tersebut membuat langkah menuju istana semakin mudah.

"Tapi harus digaris bawahi, bahwa hadirnya koalisi Gerindra-PKS-PAN membuat demokrasi Indonesia lebih hidup dan berwarna. Mudah-mudahan saja koalisi tersebut mengarah pada perjuangan politik yang positif," tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7814 seconds (0.1#10.140)