Pakar Kesehatan Ungkap Cara Penanganan Stunting, Sejalan dengan Program Ganjar

Sabtu, 02 Desember 2023 - 12:26 WIB
loading...
A A A
Ia kemudian menyitir prinsip umum seorang ibu akan melakukan apa pun yang terbaik buat anaknya. "Jadi kalau dia mendapat pemahaman tentang apa yang terbaik buat anaknya walaupun tidak mahal, maka itu akan dilakukannya," katanya.

Pandangan ini sesungguhnya sudah sejalan dengan apa yang menjadi program nyata dari pasangan Ganjar-Mahfud MD. Untuk melaksanakan semua hal tersebut, pasangan Ganjar-Mahfud punya program unggulan yakni 1 Desa, 1 Faskes, dan 1 Nakes.

"Stunting itu soal akses kesehatan yang mestinya dibikin satu puskesmas di satu desa atau Pustu (Puskesmas Pembantu) yang dilengkapi satu nakes dan dokter. Itu meski kita wujudkan, sehingga mereka dapat menangani pola ibu mengandung sampai melahirkan seribu hari pertama," kata Ganjar di Gedung Sinode GMIT, Kupang, Jumat (1/12/2023).

Dalam kunjungan ke NTT, Ganjar juga menyerap banyak hal, di antaranya soal toleransi antarumat beragama, masalah pendidikan, infrastruktur, dan pencegahan perdagangan orang. Bagi Ganjar, lapangan pekerjaan dengan mengembangkan potensi yang dimiliki di provinsi tersebut merupakan salah satu kunci memerangi human tracfficking.



Ganjar meminta mahasiswa mempersiapkan diri dengan upaya pemerintah ke depan yang akan mengembangkan potensi pariwisata dan industri kreatif di daerah tersebut. "Kita perangi stunting, human trafficking, kebebasan beragama dengan penegakkan hukum, perluasan lapangan pekerjaan, dan akses terhadap pangan," tutupnya.
(kri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2703 seconds (0.1#10.140)