Jenderal TNI Agus Subiyanto Diharapkan Mampu Membangun Ketahanan Siber Nasional

Jum'at, 24 November 2023 - 07:33 WIB
loading...
A A A
”Ini dapat menghambat efektivitas operasi militer dan memberikan keuntungan bagi pihak lawan. Kedua, mengganggu operasi militer, yakni adanya ancaman siber dapat mengganggu operasi militer, termasuk pemotongan akses ke sistem komunikasi, sistem senjata, atau infrastruktur penting,” ujarnya.

Hal ini dapat menghambat pelaksanaan tugas militer yang krusial, dan Ketiga, memudarnya jati diri TNI, yakni adanya ancaman siber juga dapat mencakup upaya untuk memengaruhi pergeseran Jati Diri TNI yang mencakup tentang “Kebanggaan, Dedikasi, dan Keberagaman dalam Pelayanan kepada Bangsa”, melalui serangan propaganda dan manipulasi opini publik sehingga mendegradasikan kekuatan moril, solidaritas nasional dan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dengan memperkuat tingkat profesionalisme dalam berbagai aspek ini, diharapkan TNI tidak hanya melindungi jaringan siber negara, tetapi juga menjadikan ketahanan siber sebagai bagian tak terpisahkan dari strategi pertahanan nasional. Sehingga, terkhusus pada profesionalisme TNI dalam domain siber akan memainkan peran kunci dalam melindungi keamanan dan kedaulatan negara,” ucapnya.
(cip)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1567 seconds (0.1#10.140)