Perbedaan Negara Monarki dengan Republik, dari Pemimpin hingga Politik

Kamis, 09 November 2023 - 13:35 WIB
loading...
A A A
Dalam monarki absolut, raja atau ratu memiliki kekuasaan tertinggi dan otoritas mutlak dalam pemerintahan. Raja atau ratu tidak terikat oleh konstitusi atau hukum tertentu dan keputusan mereka biasanya dianggap final. Contoh negara yang menganut sistem pemerintahan monarki absolut adalah Arab Saudi dan Brunei.

Sementara monarki konstitusional, raja atau ratu memiliki peran seremonial atau simbolis dalam pemerintahan, sedangkan kekuasaan sebenarnya dipegang oleh badan legislatif atau eksekutif yang dipilih oleh rakyat.

Monarki konstitusional sering kali memiliki konstitusi atau hukum tertulis yang mengatur batas-batas kekuasaan monarki. Contoh monarki konstitusional adalah Inggris dan Jepang.

Pada sistem republik sendiri kekuasaan biasanya dibagi menjadi tiga cabang, yaitu legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Cabang-cabang ini saling mengawasi dan menyeimbangkan satu sama lain untuk mencegah penyalahgunaan kekuasaan.

3. Sistem Politik


Perbedaan selanjutnya antara monarki dan republik adalah sistem politiknya. Monarki dan republik dapat memiliki sistem politik yang berbeda-beda, tergantung pada faktor-faktor seperti sejarah, budaya, ekonomi, dan sosial.

Dalam monarki, sistem politik biasanya didasarkan pada loyalitas, tradisi, dan agama. Monarki sering kali memiliki hubungan yang erat dengan agama tertentu, seperti Islam, Kristen, atau Buddha.

Monarki juga umumnya memiliki sistem feodal, yaitu sistem di mana tanah dan kekayaan dibagi menjadi beberapa tingkatan, seperti raja, bangsawan, ksatria, dan petani.

Sedangkan sistem politik republik didasarkan pada konstitusi, hukum, dan hak asasi manusia. Republik biasanya memiliki prinsip-prinsip seperti kedaulatan rakyat, kebebasan berpendapat, dan persamaan hak.

Negara dengan sistem republik juga sering kali memiliki sistem demokrasi, yaitu sistem di mana rakyat memiliki hak untuk memilih dan dipilih sebagai wakil mereka dalam pemerintahan.

Dari pembahasan di atas, sistem negara monarki dan republik tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, kedua sistem tersebut tergantung pada sudut pandang dan situasi yang dihadapinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1514 seconds (0.1#10.140)