Indonesia Skills Week Prakerja Tawarkan Ratusan Pelatihan Gratis

Minggu, 29 Oktober 2023 - 05:05 WIB
loading...
A A A
"Ayo terus kembangkan semangat belajar sepanjang hayat dengan mengikuti berbagai pelatihan peningkatan keterampilan di ISW 2023," ucap Edy.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menuturkan, ISW merupakan acara dua bulanan di mana masyarakat dapat mengakses aneka pelatihan dalam jaringan (daring) secara gratis, murah, dan mudah.

"ISW bertujuan menarik lebih banyak angkatan kerja untuk mendapatkan kesempatan mengembangkan diri dengan memperoleh keterampilan, keterampilan ulang, dan peningkatan keterampilan atau skilling, reskilling, dan upskilling," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Teknologi Prakerja Samsu Sampena mengatakan, produk prakerja ini tidak menggunakan dana dari APBN. Pelatihan-pelatihan yang tersedia di ISW merupakan hasil kolaborasi prakerja dengan rekan-rekan lembaga pelatihan.

Seluruh masyarakat dapat mengambil berbagai pelatihan dengan syarat telah berusia di atas 18 tahun dan telah memiliki akun prakerja, tanpa batasan seperti yang ada di skema normal.

"Kalau yang di skema normal, ada syarat-syarat tertentu untuk bisa ikut pelatihan, tetapi kalau di sini, dari profesi apapun mulai mahasiswa, hingga Aparatur Sipil Negara (ASN) itu juga bisa mengambil ISW," kata Samsu.

Beberapa topik pelatihan yang paling banyak diminati atau menjadi highlight dan bisa diakses langsung di situs skillsweek.prakerja.go.id di antaranya yakni bahasa asing, gaya hidup, keuangan, makanan dan minuman, manajemen, teknologi informasi, penjualan dan pemasaran, perkantoran, pertanian, sosial dan perilaku, hingga teknik.

Dia menegaskan, pembelajaran sepanjang hayat atau lifelong learning merupakan sebuah keniscayaan untuk menjawab tuntutan perubahan dan kemajuan zaman di era disrupsi teknologi.

"Bicara tentang lifelong learning atau pembelajaran sepanjang hayat, kan sudah banyak kemajuan di zaman sekarang, ada disrupsi yang terjadi karena kecerdasan buatan atau AI. Sekarang juga sedang ramai dibahas tentang perubahan iklim, jadi banyak sekali perubahan, kalau masyarakat tidak meningkatkan kapasitas diri akan ketinggalan, sehingga tidak relevan lagi," tuturnya.

Untuk itu, prakerja sangat mendorong pembelajaran sepanjang hayat ini untuk masyarakat Indonesia dari segala usia, mulai dari yang belum memiliki pekerjaan, hingga yang sudah memiliki pekerjaan dan mapan agar tidak pernah berhenti belajar, karena pada bidang-bidang tertentu, pekerjaan bisa tergantikan atau kebutuhannya berkurang, sehingga perlu peningkatan kapasitas atau upskilling.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4089 seconds (0.1#10.140)