Airlangga Sebut Kartu Prakerja Merupakan Misi Kemanusiaan dengan Pemberdayaan

Sabtu, 11 Februari 2023 - 15:03 WIB
loading...
Airlangga Sebut Kartu Prakerja Merupakan Misi Kemanusiaan dengan Pemberdayaan
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Program Kartu Prakerja yang dijalankan pemerintah sangat memberikan dampak besar terhadap masyarakat. Pelaksanaan Kartu Prakerja ini merupakan misi kemanusiaan dengan sistem pemberdayaan.

Pandangan tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga Ketua Komite Cipta Kerja sebagai lembaga pengarah kebijakan Program Kartu Prakerja, dalam webinar publik bertajuk Bringing 16.4 Million People Closer to Full and Productive Employment and Decent Work Using Digital Technology, Jumat 10 Februari 2023.

Menurut Airlangga, misi kemanusiaan dengan permberdayaan ini melibatkan bidang pendidikan, ketenagakerjaan, dan kewirausahaan.

"Hasilnya, sejak tahun 2020 hingga 2022, lebih dari 16,4 juta orang dari seluruh wilayah dan kota di Indonesia telah mengikuti program ini," kata Airlangga dalam keterangannya, Sabtu (11/2/2023).

"51% dari mereka adalah perempuan dan 3% adalah penyandang disabilitas. Dari mereka yang menganggur, sepertiga dari mereka kini bekerja, baik sebagai pemilik usaha kecil maupun sebagai karyawan," tambahnya.

Baca juga: Bertemu Dubes Inggris, Menko Airlangga Banggakan Kartu Prakerja

Airlangga menyatakan, program ini lebih dari sekadar kebijakan, pendanaan atau teknologi. Dibutuhkan perubahan radikal dalam institusi dan budaya, serta di pemerintahan, perusahaan dan individu.

"Program ini tidak hanya efektif dalam memberikan hasil yang baik, tetapi juga dengan biaya yang efisien," ucap Airlangga.

Untuk diketahui, dalam kurang dari tiga tahun pelaksanaan program, Kartu Prakerja mendapat pengakuan internasional atas keberhasilannya memanfaatkan teknologi digital.

Pakar pembelajaran sepanjang hayat (lifelong learning) menilai Prakerja adalah game changer, atau pembawa perubahan besar, dalam upaya meningkatkan pembelajaran bagi orang dewasa di luar pendidikan formal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0995 seconds (0.1#10.140)