Ini Jurus Ganjar Tingkatkan Investasi

Rabu, 25 Oktober 2023 - 13:19 WIB
loading...
Ini Jurus Ganjar Tingkatkan Investasi
Capres Ganjar Pranowo. Foto/Aldhi Chandra Setiawan
A A A
JAKARTA - Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo berkomitmen meningkatkan investasi di Indonesia. Hal itu disampaikannya saat menjadi narasumber di acara tahunan US-Indonesia Investment Summit ke-11 yang diselenggarakan oleh AmCham Indonesia dan US Chamber of Commerce di Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Ganjar menyatakan bahwa ke depan Indonesia perlu memperbaiki pelayanan investasi dengan membuatnya lebih mudah, efisien, dan cepat. Ini harus didukung oleh kepastian hukum dan penegakan hukum yang kuat.

"Dalam ranah industri, ini dapat disebut sebagai ekonomi baru. Oleh karena itu, kita harus membuat proses masuknya investor menjadi lebih mudah, tanpa hambatan, tanpa praktik pungutan liar, dan dengan pelayanan yang cepat serta kepastian hukum yang ditegakkan," kata Ganjar dalam pernyataannya pada 24 Oktober 2023.

Ganjar menjelaskan bahwa efisiensi ini dapat dicapai dengan berbagai cara, termasuk memanfaatkan sistem digitalisasi. "Dalam pemerintahan, kita sudah memiliki sistem yang disebut Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), yang telah terbukti dapat meningkatkan efisiensi," tambahnya.

Selain itu, kepastian hukum dan penegakan hukum harus didukung oleh regulasi yang jelas, tepat, dan tegas. "Peraturan yang mengatur masalah investasi harus ada, sehingga terdapat kepastian hukum dan tindakan hukum yang jelas," lanjutnya.

Ganjar membagikan pengalamannya ketika ia mengatasi keluhan seorang investor selama masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Tengah. Dalam waktu sekitar satu jam, masalah yang dihadapi oleh investor tersebut berhasil diatasi. "Setelah satu jam, semuanya selesai dan berkas perizinan sudah lengkap," demikian ceritanya.

Ganjar pernah dinobatkan oleh para pengemudi truk sebagai tokoh yang berjasa dalam menghilangkan praktik pungutan liar di jembatan timbang saat ia menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah selama dua periode. Karena kontribusinya tersebut, ia dihormati sebagai "Bapak Truk Nusantara."

Tidak hanya itu, saat masih menjabat menjadi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar memperkenalkan mekanisme aduan untuk berbagai praktik pungutan liar. Ini memungkinkan masyarakat untuk melaporkan praktik pungutan liar jika mereka menemukannya, dan tindakan tegas yang diterapkan oleh Ganjar dimana peraturan tidak hanya memengaruhi pengemudi truk di Jawa Tengah, tetapi juga di wilayah lain di Indonesia.

Selain itu, Ganjar menekankan pentingnya pengelolaan pendapatan pajak yang efisien. Ini mencakup aspek sosialisasi, penyediaan kemudahan, serta implementasi sebuah dashboard khusus untuk pendapatan negara.

"Menurut saya, ini adalah sesuatu yang harus menjadi perhatian bersama. Dan kita tidak boleh membuat wajib pajak merasa takut. Pembayaran pajak terkadang bisa sulit dan menakutkan. Semua menjadi rumit. Mengapa kita tidak menjadikannya lebih sederhana?" katanya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1318 seconds (0.1#10.140)