Deretan Organisasi yang Pernah Diikuti Mahfud MD, Nomor 2 Sempat Dibredel Rezim Orde Baru

Rabu, 18 Oktober 2023 - 14:09 WIB
loading...
A A A


Awalnya, KAHMI merupakan badan khusus HMI yang berfungsi sebagai tempat informasi dan wadah konsultasi. Pada perjalanannya, KAHMI memutuskan menjadi ormas tersendiri.

Sejak saat itu, dibentuk juga Presidium KAHMI Nasional. Mahfud MD juga pernah menjabat posisi tersebut.

4. Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU)


Berikutnya ada Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU). Organisasi ini merupakan salah satu badan otonom yang dimiliki NU.

Dalam riwayatnya, Mahfud MD pernah menjadi bagian dari ISNU. Sekitar periode 2012-2017, ia menjabat Ketua Dewan Kehormatan Pengurus Pusat ISNU.

5. Keluarga Madura Yogyakarta (KMY)


Mahfud MD memiliki tanah kelahiran di Sampang, Madura. Pada perkembangannya, ia dikenal sebagai salah satu tokoh besar asal Madura yang banyak berkontribusi bagi bangsa.

Mahfud MD juga menjadi bagian dari Keluarga Madura Yogyakarta (KMY). Usai dinyatakan sebagai bacawapres mendampingi Ganjar Pranowo, KMY sendiri telah menyebut akan mengawal serta memberi dukungan terhadap pasangan tersebut.

Selain kelima organisasi di atas, sejatinya masih banyak organisasi lain yang pernah diikuti Mahfud MD. Hanya saja, dengan keterbatasan sumber valid, informasinya menjadi cukup terbatas.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2307 seconds (0.1#10.140)