Deretan Organisasi yang Pernah Diikuti Mahfud MD, Nomor 2 Sempat Dibredel Rezim Orde Baru

Rabu, 18 Oktober 2023 - 14:09 WIB
loading...
Deretan Organisasi yang Pernah Diikuti Mahfud MD, Nomor 2 Sempat Dibredel Rezim Orde Baru
Mahfud MD memiliki riwayat karier yang cukup cemerlang. Tak hanya itu, ia juga cukup aktif dalam berbagai organisasi yang diikutinya. Foto/Riana Rizkia
A A A
JAKARTA - Mahfud MD resmi diumumkan sebagai bakal calon wakil presiden (Bacawapres) yang mendampingi Ganjar Pranowo . Keputusan ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, Rabu (18/10/2023).

Terpilihnya sosok Mahfud MD sebagai pendamping Ganjar Pranowo sejatinya tidak terlalu mengejutkan. Jauh hari, nama Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) itu memang sudah masuk daftar tokoh yang berpotensi mendampingi Ganjar pada kontestasi Pilpres 2024.

Prof. Dr. H. Mohammad Mahfud Mahmodin atau biasa dikenal Mahfud MD merupakan salah seorang tokoh nasional Indonesia. Pria kelahiran Madura ini tengah menjabat Menko Polhukam di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).



Melihat ke belakang, Mahfud MD memiliki riwayat karier yang cukup cemerlang. Tak hanya itu, ia juga cukup aktif dalam berbagai organisasi yang diikuti ketika masih kuliah hingga setelah lulus.

Riwayat Organisasi Mahfud MD


1. Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)


Pada riwayat pendidikannya, Mahfud MD pernah menimba ilmu di Universitas Islam Indonesia (UII). Dulunya, ia juga dikenal luas sebagai sosok aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).



Terkait aktivitasnya dalam HMI, ada satu catatan menarik yang dimiliki Mahfud MD. Ia bertemu dengan sang istri, Zaizatun Nihayati, saat dulu aktif sebagai bagian dari organisasi tersebut.

2. Lembaga Pers Mahasiswa UII


Lembaga Pers Mahasiswa menjadi salah satu organisasi intra kampus yang pernah diikuti Mahfud MD. Mengutip laman MKRI, ia diketahui pernah menjadi pimpinan di majalah mahasiswa Fakultas Hukum UII, Keadilan.

Selain itu, ia juga memimpin majalah mahasiswa UII, yaitu Muhibbah. Namun, karena terlalu kritis terhadap rezim Orde Baru, majalah tersebut sempat dibredel hingga 2 kali.

3. Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI)


KAHMI hadir setelah muncul keinginan berupa wadah kekeluargaan bagi alumni HMI. Tujuan tersebut akhirnya tersalurkan pada Munas Alumni HMI di forum Kongres VIII, Solo, 10-17 September 1966.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1948 seconds (0.1#10.140)