PDIP dan Ganjar Menyodok ke Posisi Atas di Banten, Pengamat: Kader Partai Bekerja

Kamis, 12 Oktober 2023 - 18:48 WIB
loading...
PDIP dan Ganjar Menyodok ke Posisi Atas di Banten, Pengamat: Kader Partai Bekerja
Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai mesin politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terkonsolidasi dengan baik di Banten. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai mesin politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terkonsolidasi dengan baik di Banten. Hal itu menyebabkan elektabilitas Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo mengalami peningkatan pada simulasi tiga nama berdasarkan data sosio-demografi Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Dalam simulasi dalam data sosio-demografi LSI dalam tiga bulan terakhir elektabilitas Ganjar Pranowo terus mengalami tren peningkatan. Elektabilitas Ganjar (39,2%) pada akhir September mengungguli elektabilitas Prabowo Subianto (37,9%) dan Anies Rasyid Baswedan (19,8%).



"Ini menunjukkan hasil-hasil kerja politik partai pengusung bekerja dengan baik. Itu bisa dilihat saat beberapa bulan lalu Sekjen PDIP Hasto dan PPP mengepung Banten untuk menggerakkan mesin politik," ujar Ujang saat dihubungi awak media, Kamis (12/10/2023).

Tak cuma itu, Ujang menilai adanya peran strategis Rano Karno yang ikut berkontribusi meningkatkan elektabilitas Ganjar Pranowo di Banten. Menurutnya, Rano Karno selain artis senior juga berpengalaman di dunia politik di Banten.

"Kemungkinan besar iya (peran Rano Karno-red) karena dia salah satu tokoh kuncinya. Bisa jadi karena dia kan dulu wakil bupati, wakil gubernur, pernah jadi gubernur, lalu anggota DPR dari Banten," jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Eksekutif Index Politica Indonesia, Denny Charter bahwa mesin politik PDIP dan peran Rano Karno memiliki peran penting dalam peningkatan elektabilitas Ganjar Pranowo di Banten.

Denny menjelaskan dalam survei Pilkada Banten 2024 yang dirilis lembaganya menunjukkan Rano Karno memiliki elektabilitas sekaligus popularitas tertinggi sebesar 85,56%, diikuti Wahidin Halim, dan Airin Rachmi Diany di 3 besar nama yang disurveinya.

"Bisa jadi karena parpol, hanya PDIP sementara ini yang sudah bergerak dan kader-kadernya juga sudah bergerak. Popularitas Rano Karno pasti akan berpengaruh terhadap elektabiltas Ganjar di Banten, termasuk kerja-kerja di mesin politik PDI Perjuangan," katanya.

Merespons hal tersebut Ketua DPD PDIP Banten Ade Sumardi menyebut selain kader partai, Relawan Ganjar, dan partai pengusung, figur Ganjar Pranowo juga disukai oleh masyarakat Banten.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2099 seconds (0.1#10.140)