Jokowi Perintahkan Kepala Daerah Ikut Giatkan Kampanye Gunakan Masker

loading...
Jokowi Perintahkan Kepala Daerah Ikut Giatkan Kampanye Gunakan Masker
FOTO/SINDOnews/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh stakeholder dan kepala daerah untuk menggiatkan kampanye menggunakan masker kepada masyarakat. Apalagi, saat ini angka penularan Covid-19 masih tinggi.

"Presiden mendorong seluruh stakeholder dan kepala daerah untuk menggiatkan kampanye penggunaan masker agar menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan secara sadar," kata Juru Bicara Presiden bidang Sosial Angkie Yudistia kepada wartawan, Selasa (4/8/2020). (Baca juga: Presiden Jokowi: Dua Minggu Ini Kita Fokus Kampanye Pakai Masker)

Menurut Angkie, Jokowi menegaskan bahwa tiap masyarakat wajib menggunakan masker untuk mencegah potensi penyebaran Covid-19. "Pernyataan Presiden ini menjadi kampanye nasional sebagai bentuk penguatan atas imbauan pemerintah selama ini agar seluruh masyarakat taat pada protokol kesehatan," tandasnya.

Angkie menambahkan, masih tingginya angka warga yang terkena Covid-19 menjadi perhatian serius Jokowi. "Adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi bisa dimulai dari penggunaan masker secara masif," paparnya. (Baca juga: Demokrat Nilai Kampanye Masker Pengalihan Atas Kegagalan Pemerintah)



"Mari kita lebih peduli terhadap kesehatan diri kita sendiri, keluarga, dan lingkungan dengan membiasakan memakai masker saat beraktifitas di area publik dan ketika berinteraksi dengan orang lain," tambahnya.

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi ingin aspek yang ada di dalam protokol kesehatan dikampanyekan satu persatu. Semisal, pada dua pekan pertama menyosialisasikan penggunaan masker, lalu pada pekan berikutnya jaga jarak, cuci tangan, dan lain sebagainya.

Menurut Jokowi, mengampanyekan satu persatu aspek protokol kesehatan sangat penting agar masyarakat, khususnya yang berada pada lapis bawah, memahami betul esensi dari program mitigasi itu. "Saya ingin fokus saja mungkin dalam dua Minggu ini kita fokus kampanye pakai masker," ucapnya dalam rapat terbatas Penanganan Covid-19 di Istana Merdeka, Senin (3/8/2020).
(nbs)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top