Rayakan HUT ke-25, PSMTI Perkenalkan Budaya Tionghoa yang Menjadi Bagian Persatuan Indonesia

Selasa, 03 Oktober 2023 - 01:17 WIB
loading...
Rayakan HUT ke-25, PSMTI Perkenalkan Budaya Tionghoa yang Menjadi Bagian Persatuan Indonesia
Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) menghelat ulang tahun yang ke-25 di Gedung Sasono Utomo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Senin (2/10/2023). Foto: MPI/Muhammad Farhan
A A A
JAKARTA - Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia ( PSMTI ) menghelat ulang tahun yang ke-25 di Gedung Sasono Utomo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Senin (2/10/2023).

Dengan mengangkat tema 'Pesta Demokrasi Sukses, PSMTI Maju, Indonesia Sejahtera', PSMTI berharap pertambahan usianya di 25 tahun tetap dapat menjaga persatuan dan kesatuan di Indonesia di tengah gegap gempitanya tahun politik pada pemilu 2024.

Ketua panitia perayaan HUT ke-25 PSMTI Peng Suyoto mengataka perayaan ini dilangsungkan guna memperkenalkan kembali budaya Tionghoa di Indonesia. Mengingat Taman Budaya Tionghoa terletak di TMII, Suyoto menyampaikan ulang tahun ini dirayakan dalam semarak tradisi Tionghoa yang bersama dengan suku dan etnis lainnya di Indonesia.



"Kami di sini datang dari 32 provinsi yang ada di seluruh Indonesia, sehingga kita juga ingin memperkenalkan Taman Budaya Tionghoa yang ada di Taman Mini Indonesia Indah. Di,sini dimaksudkan agar persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia ditampilkan, rukun bersama dalam ulang tahun kami yang ke-25," ujar Suyoto di lokasi.

Selain merayakan ulang tahun, PSMTI juga meluncurkan buku tentang perjalanan Suku Tionghoa Indonesia dan perannya dalam membangun negeri yang berjudul 'Sejarah orang Tionghoa di Nusantara'. Buku tersebut ditulis oleh 32 akademisi di universitas negeri dari seluruh Indonesia.

“Banyak yang menyangka Suku Tionghoa itu datang di abad 8 karena tulisan sebelumnya oleh seorang pendeta I Ching yang berkelana di Nusantara. Tetapi dengan adanya akademisi-akademisi menulis sejak abad ke 2 setelah masehi sudah ditemukan jejak orang Tionghoa datang. Itu menjadi hal referensi yang baru bagi para akademisi dan sejarawan yang ingin lebih banyak mengetahui jejak orang Tionghoa di Indonesia,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Ketua Harian I PSMTI tersebut.

Dalam gelarannya, para pengurus dan tokoh-tokoh PSMTI yang hadir ikut mengenakan batik merah dan batik berwarna perak. Hal ini juga dilakukan oleh Executive Chairman MNC Hary Tanoesoedibjo yang hadir mengenakan batik perak yang cerah.



"Kalau batik merah itu dinas dari PSMTI. Sedangkan batik silver ini didesain khusus guna menyambut tahun perak, ini didesain khusus dengan maksud orang Tionghoa mengharumkan Indonesia," jelas Suyoto.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1332 seconds (0.1#10.140)