Gelar Sertifikasi, Ikapi Berharap Hasilkan Kurator Profesional dan Berintegritas

Minggu, 17 September 2023 - 10:10 WIB
loading...
Gelar Sertifikasi, Ikapi Berharap Hasilkan Kurator Profesional dan Berintegritas
Pendidikan intensif dan proses sertifikasi kepada ratusan calon kurator dan pengurus di Jakarta, Sabtu (16/9/2023). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Ikatan Kurator dan Pengurus Indonesia (Ikapi), Oscar Sagita mengingatkan, kepada para calon kurator dan pengurus untuk memiliki integritas dan profesionalitas dalam menjalankan tugas profesinya.

Hal itu disampaikan Oscar saat pendidikan intensif dan proses sertifikasi kepada ratusan calon kurator dan pengurus di Jakarta, Sabtu (16/9/2023).

"Indikatornya telah ditentukan dan yang menjadi concern utama kita adalah dapat menghasilkan kurator dan pengurus berkualitas, profesional dan berintegritas," kata Oscar dalam keterangannya.

Sebelumnya, Ikapi telah mengadakan pendidkan Intensif kurator dan pengurus yang dimulai pada awal September lalu. Pendidikan tersebut sebagai tahap awal dari rangkaian proses yang harus diikuti oleh pengacara dan akuntan publik yang ingin menjadi kurator dan pengurus.

Ujian tertulis ini diikuti oleh ratusan peserta dengan latar belakang profesi advokat dan akuntan publik. Nantinya peserta yang lulus dalam ujian tertulis, akan mengikuti ujian wawancara.

"Ujian ini adalah rangkaian proses sertifikasi oleh Ikapi terhadap calon kurator dan pengurus, di mana para peserta harus memenuhi standar nilai yang telah ditentukan untuk dapat berprofesi sebagai kurator dan pengurus," jelasnya.

Sebagai informasi, Ikapi telah melaksanakan pendidikan intensif kurator dan pengurus serta ujian sertifikasi sebanyak 13 angkatan dan memiliki anggota lebih dari 1.000 orang serta anggota aktif sebanyak lebih dari 600 orang.

Profesi kurator dan pengurus saat ini sangat penting dalam pergerakan ekonomi bangsa karena terkait langsung dengan pelaku usaha, khususnya bagi pelaku usaha yang ingin merestrukturisasi utang dan pelaku usaha yang tidak dapat membayar utang.

Pengurus berperan untuk mewujudkan perdamaian antara debitur dengan kreditur melalui restrukturisasi utang, sedangkan kurator berperan untuk mengurus dan membereskan harta debitor pailit untuk digunakan membayar utang kepada kreditur.

"Sebagai salah satu organisasi kurator dan pengurus yang berada di dalam komite bersama, Ikapi selalu berkomitmen menjaga marwah profesi kurator dan pengurus dengan menjalankan tugas secara bermartabat, berintegritas, profesional dan terhormat," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2648 seconds (0.1#10.140)