Gandeng Bapanas, BNPP Hadirkan Pasar Murah di 13 Pos Lintas Batas Negara

Jum'at, 15 September 2023 - 08:00 WIB
loading...
Gandeng Bapanas, BNPP Hadirkan Pasar Murah di 13 Pos Lintas Batas Negara
Masyarakat antusias berbelanja di stand-stand Gelar Pangan Murah (GPM) yang diselenggarakan BNPP bersama Bapanas di 13 PLBN. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) kembali memfasilitasi penyelenggaraan Gelar Pangan Murah (GPM) dan bantuan pangan di 13 Pos Lintas Batas Negara (PLBN). GPM ini dilakukan agar menjangkau masyarakat yang berada di perbatasan negara.

baca juga: 2023, BNPP Prioritaskan Peningkatan Kualitas Layanan PLBN

Penyelenggaraan GPM ini diadakan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-13 BNPP yang jatuh pada Minggu, 17 September 2023 mendatang. Dalam GPM di 13 PLBN ini, BNPP turut bersinergi bersama Badan Pangan Nasional (Bapanas).

Pelaksana harian (Plh) Deputi Pengelolaan Kawasan Perbatasan, BNPP, Gutmen Nainggolan menjelaskan bahwa, GPM menjadi salah satu agenda penting dalam HUT BNPP di tahun ini. BNPP memastikan masyarakat di kawasan perbatasan negara memperoleh beras berkualitas medium bahkan premium dengan harga terjangkau.

"Dalam koordinasi Bapanas melalui Bapak Maino Dwi Hartono selaku Direktur Stabilisasi Pasokan dan Standar Harga, bersama Dinas Ketahanan Pangan Daerah Provinsi dan Kabupaten di lokasi PLBN, bersama Bulog dan ID Food, secara kolaboratif memberikan warna semangat ketahanan pangan di perbatasan di saat harga beras yang naik," ujar Gutmen.

Diketahui, 13 PLBN yang menyelenggarakan GPM adalah PLBN Serasan di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri); PLBN Aruk di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar); PLBN Jagoi Babang di Kabupaten Bengkayang Kalbar; PLBN Entikong di Kabupaten Sanggau, Kalbar; PLBN Badau di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar.

Selanjutnya PLBN Napan di Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT); PLBN Motaain di Kabupaten Malaka NTT; PLBN Motamasin di Malaka NTT; PLBN Wini di Timor Tengah Utara (TTU); PLBN Skouw Kota Jayapura, Papua; PLBN Sota di Merauke Papua Selatan; dan PLBN Yetetkun di Kabupaten Boven Digoel, Papua Selatan.

Asisten Deputi (Asdep) Potensi Kawasan Perbatasan Laut (PKPL) BNPP, Farida Kurnianingrum selaku Koordinator Gerakan Pangan Murah (GPM) menjelaskan bahwa, Paket GPM ini terdiri dari berbagai bahan pokok, seperti beras SPHP Bulog, minyak goreng, tepung, gula pasir, telur, bawang merah, bawang putih.

baca juga: Jajaran BNPP Didorong Lakukan Branding Pengelolaan Perbatasan

"BNPP juga memfasilitasi pemberian bantuan pangan melalui PLBN Entikong sebanyak 100 paket. Bantuan ini kami akan salurkan bersama Bulog ke-5 desa yang berada di sekitar kawasan Kecamatan Entikong," ungkap Farida.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1209 seconds (0.1#10.140)