Sandiaga Uno atau Ridwan Kamil Jadi Cawapres Ganjar Pranowo?

Kamis, 14 September 2023 - 06:25 WIB
loading...
A A A
Dia mengatakan, Jawa Barat yang merupakan lumbung suara akan sangat diperebutkan para paslon di pilpres. “Bergabungnya RK ke GP akan memberikan suara yang cukup signifikan dari Jawa Barat,” pungkasnya.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah melihat RK bisa jadi paling potensial karena ceruk suara di Jabar. “Dan Jabar menjadi wilayah paling besar dan Ganjar tertinggal cukup jauh di sini, sementara Sandiaga Uno memang punya peluang dari sisi logistik, hanya saja tidak memiliki basis besar di provinsi dominan,” kata Dedi.

Namun, menurut dia, cawapres Ganjar semestinya tidak hanya pada nama populer di Jawa. “Mereka perlu menimbang tokoh di luar Jawa semisal TGB Zainul Majdi, ini potensial menggiring pemilih non Jawa,” pungkas Dedi.

Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Research and Analysis (Sudra) Fadhli Harahab menilai RK maupun Sandiaga Uno punya peluang yang sama karena merupakan tokoh top semua. “Tetapi kalau dilihat posisi paling menguntungkan dan paling punya potensi besar itu Sandiaga Uno,” kata Fadhli Harahab.

“Modal politiknya saya kira lebih besar dari dua tokoh lainnya. Selain dia sudah diusung oleh PPP, dia punya elektabilitas dan modal finansial besar. Saat ini, tinggal bagaimana dia mampu mengonsolidasi dan mengumpulkan basis-basis massa yang tercecer agar mau mendukungnya,” imbuhnya.

Diakuinya bahwa RK punya basis massa. “Tetapi saya kira arah angin politik lebih mengarah ke Sandiaga,” pungkasnya.
(rca)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1488 seconds (0.1#10.140)