Sambut Hari Ozone Dunia, Pemerintah Ajak Swasta Atasi Pemanasan Global

Kamis, 07 September 2023 - 21:45 WIB
loading...
A A A
Karena itu, Indonesia berkomitmen untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2060, dengan menempatkannya secara mencolok di panggung global.

Sementara itu, Direktur Utama Nestlé Indonesia Samer Chedid mengatakan, sejalan dengan tujuan jangka panjang Bappenas, pihaknya telah menjalankan prosedur ramah lingkungan dalam operasinya.

"Kami di Nestlé berkomitmen mencapai emisi nol neto pada tahun 2050, dan kami memiliki peta jalan yang sangat jelas untuk mengurangi separuh emisi gas rumah kaca kami pada tahun 2030," kata Chedid.

Chedid menggambarkan bagaimana perjalanan berkelanjutan Nestlé Indonesia dalam dekarbonisasi melibatkan berbagai upaya di sepanjang rantai nilai, dan juga berkontribusi pada kehidupan 36.000 petani susu dan kopi yang memproduksi untuk mereka.

Chedid mengungkapkan ada lima langkah menuju dekarbonisasi sepanjang rantai nilai. Pertama, pengadaan melalui praktik pertanian regeneratif yang meningkatkan kesehatan tanah untuk kebun kopi negara ini dan manajemen pupuk kandang untuk peternakan susu.

Kedua manufaktur, dimana Nestlé Indonesia telah meningkatkan praktik manufaktur dengan menggunakan boiler biomassa sekam padi untuk mengurangi emisi GHG. Ketiga, pengemasan yang dirancang agar dapat didaur ulang dan mengurangi plastik baru.

"Salah satu solusi yang ditemukan adalah dengan menggunakan kemasan kertas, khususnya, bahan Forest Stewardship Council (FSC) dari hutan berkelanjutan,” paparnya.

Keempat, ritel dan saluran bisnis telah melakukan dua studi tentang kemasan isi ulang yang akan memungkinkan mereka memahami cara-cara baru dalam merancang produk mereka dan terakhir.

Sedangkan yang terakhir, akhir siklus hidup, yakni proses pasca konsumsi yang mendukung sistem pengelolaan limbah untuk mengurangi limbah dan mempromosikan ekonomi sirkular.

"Kami juga percaya bahwa kami perlu berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan yang berbeda, untuk mempercepat upaya, untuk mengambil peran dan berkontribusi, dan untuk melindungi planet bagi generasi masa depan,” tutupnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1466 seconds (0.1#10.140)