Jokowi Ungkap KTT ke-43 ASEAN Hasilkan 90 Outcome Documents

Kamis, 07 September 2023 - 18:23 WIB
loading...
Jokowi Ungkap KTT ke-43 ASEAN Hasilkan 90 Outcome Documents
Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menutup perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta. Foto/YouTube Setpres
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) resmi menutup perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta. Kegiatan yang berlangsung pada 5-7 September itu menghasilkan 90 outcome documents.

"Pertama-tama izinkan saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pemimpin dan undangan yang hadir. Selama tiga hari ini, 12 pertemuan KTT telah diselenggarakan dan menghasilkan 90 outcome documents dan sejumlah kesepakatan-kesepakatan konkret dengan mitra," Jokowi di JCC Senayan, Kamis (7/9/2023).

Selama pertemuan digelar, Jokowi mengaku menangkap optimisme dan energi yang positif dari seluruh tamu kenegaraan yang hadir. "Jujur saya katakan ini menguatkan harapan, ini menguatkan semangat untuk terus melanjutkan perjuangan, mewujudkan kawasan yang damai, kawasan yang stabil, dan kawasan yang sejahtera," ucapnya.





Oleh sebab itu, Jokowi meminta semua pejabat dan petinggi negara agar menjadi nakhoda bagi negara sendiri. Begitupun bagi Laos yang akan mendapatkan estafet kepemimpinan ASEAN.

"Kita harus menjadi nakhoda di kapal kita sendiri, dan ini saatnya tongkat keketuaan diserahkan ke Laos," katanya.

"Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih atas dukungan terhadap keketuaan Indonesia di 2023 dan dengan demikian KTT ke-43 ASEAN dan KTT lainnya secara resmi kami tutup," pungkas Jokowi.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2315 seconds (0.1#10.140)