Fadli Zon Dukung Timor Leste Masuk ke ASEAN

Minggu, 03 September 2023 - 18:37 WIB
loading...
Fadli Zon Dukung Timor Leste Masuk ke ASEAN
Ketua BKSAP DPR Fadli Zon menjadi pembicara utama dalam seminar Hubungan Internasional dan Demokrasi yang diselenggarakan oleh Parlemen Timor Leste di Dili. FOTO/DOK.BKSAP
A A A
JAKARTA - Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR Fadli Zon diundang menjadi pembicara utama dalam seminar Hubungan Internasional dan Demokrasi yang diselenggarakan oleh Parlemen Timor Leste di Dili. Wakil Ketua Umum DPP Gerindra itu menyampaikan paparan mengenai proses bergabungnya Timor Leste ke ASEAN ditinjau dari sudut pandang Parlemen.

Tampil sebagai panelis pertama, Fadli Zon menggarisbawahi dua hal dalam paparannya. Pertama mengenai Potensi Kontribusi Timor Leste untuk ASEAN, serta kedua yaitu saran mengenai langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh Parlemen Timor Leste dalam mendukung implementasi Roadmap ASEAN untuk keanggotaan penuh Timor Leste.

Menurut Fadli Zon, sebagai negara demokrasi, Timor Leste berpotensi menguatkan ASEAN, khususnya sentralitas organisasi tersebut di kawasan Asia Tenggara.



"Timor Leste dapat mendukung ASEAN dalam membangun arsitektur regional yang inklusif dan menjaga agar ASEAN tetap menjadi organisasi regional utama yang menjadi rujukan bagi pihak eksternal dalam menjalin kerja sama di kawasan Asia Tenggara," katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (3/9/2023).

Fadli Zon menjelaskan, masuknya Timor Leste ke ASEAN juga merupakan realisasi dari cita-cita ASEAN menjadi organisasi yang inklusif, sesuai dengan yang tercantum dalam ASEAN Charter. Dalam paparannya di hadapan Parlemen Timor Leste, ia menyampaikan saran mengenai langkah selanjutnya yang dapat dilaksanakan, untuk membantu proses masuknya Timor Leste ke ASEAN, sesuai dengan peta jalan yang disediakan oleh negara-negara ASEAN.

"Parlemen Timor Leste dapat lebih aktif membangun hubungan dengan Parlemen negara ASEAN lainnya. Hal ini penting agar Timor Leste dapat lebih dikenal oleh negara ASEAN lainnya, sekaligus untuk mendalami kemungkinan-kemungkinan kerja sama yang dapat saling menguntungkan," kata Anggota Komisi I DPR ini.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1099 seconds (0.1#10.140)