Puan Harap Branding Solo sebagai Kota Festival Seni Pertunjukan Makin Kuat

Minggu, 03 September 2023 - 15:08 WIB
loading...
Puan Harap Branding Solo sebagai Kota Festival Seni Pertunjukan Makin Kuat
Ketua DPR Puan Maharani. Foto: Dok SINDOnews
A A A
SOLO - Ketua DPR Puan Maharani menutup rangkaian acara Solo International Performing Arts (SIPA) 2023 yang diadakan di Benteng Vastenburg, Solo , Jawa Tengah.

SIPA merupakan pertunjukan seni yang diselenggarakan setiap tahunnya di Solo dengan menyuguhkan beragam seni pertunjukan dari berbagai belahan dunia. Event ini masuk kalender Kharisma Event Nusantara 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Acara yang berlangsung selama tiga hari sejak 31 Agustus lalu hingga Sabtu (2/9/2023) diikuti 7 negara yaitu Indonesia, Lithuania, Singapura, Malaysia, Taiwan, Korea, dan Jepang.



Pembukaan acara dihadiri Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, serta Maskot SIPA 2023 Wirastuti Susilaningtyas yang merupakan seniman asli Solo.

"Kesenian adalah bahasa universal yang menghubungkan kita semua. Melalui seni seperti berbagai seni pertunjukan dari berbagai negara yang sudah kita saksikan di Solo International Performing Arts 2023, kita seperti sedang berbicara dengan indah antara satu negara dengan negara yang lain," ujar Puan saat menutup SIPA 2023, Sabtu (2/9/2023) malam.

Di tahun 2023 ini, SIPA mengambil tema ‘Say All With Arts’ yang bertujuan menghidupkan semangat keindahan seni dalam kehidupan lantaran kesenian dianggap sebagai pusat keindahan dan diharapkan dapat menjaga kehidupan agar tetap indah.

Puan menilai seni pertunjukan akan mengikat hati nurani akan indahnya kebersamaan. “Dengan seni pertunjukan, kita sedang bicara dari hati ke hati, terhubung secara rasa melalui kekayaan budaya dan kesenian negara kita masing-masing,” katanya.

Menurut Puan, perhelatan SIPA 2023 semakin mengukuhkan Kota Solo sebagai salah satu pusat seni budaya Tanah Air, khususnya seni tari atau seni pertunjukan. "SIPA 2023 telah berlangsung selama 3 malam dengan lancar dan sukses di mana berhasil mem-branding Kota Solo sebagai kota festival seni pertunjukan," ujarnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1132 seconds (0.1#10.140)